Sukses

Hepatitis B dan menghilangkan Jerawat

22 Mar 2015, 13:19 WIB
Wanita, 23 tahun.

Siang Dok, saya mau cerita mengenai riwayat penyakit saya. saya sekitar 6 bln ini sedang pemulihan dari Hepatitits B. Puji Tuhan, saya bertahap mengalami kesembuhan. Saya belakangan ini mengalami jerawat merah hampir diseluruh wajah saya. Saya ingin mengonsumsi vitamin kulit yaitu Nourish Skin. Apakah kandungan dari vitamin itu tidak menyalahi proses penyembuhan saya dari Hepatitis B ini? Jika memang menyalahi, apa obat yang baik saya konsumsi untuk penyembuhan jerawat ini? Terimakasih Dok salam

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Pada umumnya obat-obatan yang masuk dalam tubuh akan dinetralisir oleh hati sebagai organ yang berfungsi untuk menetralisirkan racun.

Oleh karena itu sebaiknya anda terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter anda sebelum memutuskan untuk menggunakan obat tersebut.

Penyebab pasti jerawat memang belum diketahui, namun ada berbagai faktor yang diketahui berkaitan dengan penyakit ini: 

  1. Stres
  2. Faktor hormonal. Salah satu faktor penting yang menyebabkan timbulnya jerawat adalah meningkatnya produksi hormon testosteron, yang dimiliki oleh tubuh pria maupun wanita. Hormon testosteron yang terdapat dalam tubuh pria maupun wanita memicu timbulnya jerawat dengan merangsang kelenjar minyak (sebaceous gland) untuk memproduksi minyak kulit (sebum) secara berlebihan.
  3. Kelenjar minyak yang terlalu aktif
  4. Keturunan dari orangtua
  5. Bakteri di pori-pori kulit

Sehingga pengobatan jerawat juga perlu memperhatikan faktor-faktor di atas. Jerawat dapat timbul kembali jika faktor-faktor di atas tidak dapat dikontrol dengan baik. 

Kondisi kulit berminyak merupakan jenis kulit yang sangat berisiko untuk mengalami jerawat. Selain pengobatannya memang membutuhkan kesabaran, juga memerlukan pengendalian dari pola makan, kebiasaan membersihkan wajah, pengendalian stres dan sebagainya.

Pengobatan jerawat didasarkan dengan cara mengurangi produksi minyak, melawan infeksi bakteri, mempercepat pergantian sel kulit dan mengurangi peradangan. Sebagian besar obat-obatan jerawat belum memberikan hasil dalam 4-6 minggu pertama. Pengobatan yang diberikan dapat termasuk pengobatan luar dan juga obat-obatan minum.

Memang pengobatannya membutuhkan jangka waktu lama dan kesabaran. Kami sarankan agar tidak berganti-ganti dokter karena penanganan kulit berjerawat memang membutuhkan waktu yang lama sehingga perlu pemantauan dan kesabaran. Jika berganti-ganti dokter, maka setiap dokter baru biasanya akan memulai pengobatan dari awal lagi.

Kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk analisa faktor-faktor yang menyebabkan jerawat pada wajah Anda.

Berikut artikel-artikel kami mengenai "Jerawat":

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar