Sukses

Perut Terasa Panas Saat Hamil

23 Mar 2015, 23:41 WIB
Wanita, 26 tahun.

dok, sy mw nnya,,sy hamil 7 bln,sy di diagnosa dkter placnta previa, bln yg llu sy priksa sunsang,skrg sy mrsakan skit di daerah pusar,trsa panas,sy tdk bsa istrahat,knpa ya dok?apkh brbhya buat janin sy?ap tndakan yg hrs sy lkkn dok?trims dok..

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Perasan panas pada perut sering dikaitkan dengan Heart Burn. Heart burn adalah sensasi rasa panas atau rasa tidak nyaman yang dirasakan dibalik tulang dada atau tenggorokan atau keduanya.

Penyebab heart burn pada kehamilan masih belum jelas namun diperkirakan disebabkan oleh perubahan hormonal yang mengganggu pergerakan lambung dan berakibat refluks gastroesofageal. Hal ini terjadi karena perubahan hormonal tersebut menyebabkan pergerakan saluran cerna menjadi lebih lama. Selain itu, pembesaran rahim juga dapat menekan perut dan mendorong asam lambung untuk keluar ke atas. Heart burn dapat diikuti dengan regurgitasi asam dari lambung yang mencapai tenggorokan atau mulut dan mengakibatkan rasa asam atau pahit di mulut. Keluhan ini tidak akan mempengaruhi kehamilan, dan pengobatan yang dilakukan adalah untuk mengurangi gejala yang terjadi.

Heart burn adalah keluhan yang sering terjadi selama kehamilan. Modifikasi gaya hidup yang dianjurkan adalah memperbaiki postur, mempertahankan posisi berdiri terutama setelah makan, tidur dengan posisi kepala lebih tinggi, dan modifikasi diet seperti makan makanan dalam jumlah kecil, mengurangi makan makanan berlemak dan makanan yang dapat mengiritasi lambung seperti kafein.

Berikut ini kami sertakan beberapa tips untuk mengatasi keluhan yang dirasakan oleh Anda:

  • Makan makanan dalam porsi kecil dibanding 3 kali makan dalam porsi besar
  • Makan perlahan-lahan
  • Minum minuman hangat seperti teh
  • Hindari makan makanan yang pedas, goreng-gorengan
  • Jangan berbaring segera setelah makan
  • Pertahankan posisi kepala di tempat tidur lebih tinggi dibandingkan kaki. Atau letakkan bantal dibawah bahu untuk mencegah naiknya asam lambung ke tenggorokan
  • Jangan mencampur makanan berlemak dengan makanan manis dalam satu waktu dan coba untuk pisahkan makanan cair dan padat
  • Obat-obatan

Pilihan terapi obat-obatan untuk heart burn adalah antasid, H2 reseptor antagonis, dan penghambat pompa proton. Obat-obatan ini digunakan untuk mengurangi gejala refluks asam. Antasid dapat menetralisir asam lambung dan dapat digunakan untuk mengurangi gejala heart burn. H2 reseptor antagonis seperti ranitidin, dapat mengurangi produksi asam lambung, dilaporkan cukup efektif dan aman buat wanita hamil. Penghambat pompa proton seperti omeprazole dapat menekan produksi asam lambung. Namun, untuk penggunaan obat-obatan sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter Anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar