Sukses

Alergi Debu

23 Mar 2015, 23:47 WIB
Wanita, 28 tahun.

Siang dok saya mau tny. Saya hampir setiap hari merasa hidung ada debu atau kotoran. Dan kalau ada debu yg mengendap, sperti membersihkan barang2 yg berdebu atau hanya mengambil brg berdebu pasti saya langsung bersin2 dan hidung langung pilek gak berhenti2. Bs sampai 1-2 hari baru sembuh. Saya pernah cek dokter katanya lobang konka saya lbh bsr daripada umumny sehingga sanngat ensitif terhadap debu. Tp kalau debu jalanan yg berterbangan tidak masalah. Mohon solusinya dokter. Thanks

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Kami menduga kondisi yang Anda alami mengacu pada alergi debu. Alergi adalah reaksi tubuh yang berlebihan terhadap benda asing tertentu atau yang disebut alergen. Apabila alergen masuk ke dalam tubuh seseorang, melalui berbagai cara, baik terhisap, tertelan, ataupun kontak dengan kulit, maka sistem kekebalan tubuh seseorang yang memiliki alergi akan aktif dan menimbulkan reaksi yang berlebihan.

Kendati alergi bersifat genetik, seseorang tetap memiliki risiko alergi sebesar 5-15 persen tanpa mempertimbangkan ada atau tidaknya riwayat alergi pada orangtua penderita.

Alergi tidak dapat hilang sepenuhnya, yang dapat dilakukan bagi penderita alergi adalah melakukan pencegahan atau penghindaran. Jagalah kebersihan lingkungan Anda agar tidak berdebu sebagai salah satu langkah pencegahan.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar