Sukses

Apakah Penyakit Asam Urat Bisa Pindah-pindah Tempat?

10 Feb 2015, 22:09 WIB
Pria, 37 tahun.

Menderita asam urat atau rematik atau bisa keduanya. Dua bulan yg lalu pergelangan jempol tangan kiri saya sakit banget, Setiap bangun pagi jempol terasa kaku. saya pergi tes kolesterol normal, gula darah normal, asam urat tinggi sampai 12. Setelah 3 hari konsumsi allupurinol 300 asam urat di posisi 2, sdh 2 minggu tapi sakitnya blm reda. Saya cek lagi asam urat di posisi 4. Setelah 1 bln, sakitnya sdh mereda. Tapi sekarang sakitnya pindah ke pergelangan jempol kanan, setiap bangun pagi jempol tangan kanan terasa kaku, dan jempol kaki kiri jg terasa sakit. Dokter, apakah penyakit asam urat bisa pindah-pindah tempat? Saya sudah pantang kacang-kacangan dan test asam urat sudah di Posisi normal. Terima kasih atas bantuannya.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Gout atau orang awam bilang “asam urat” adalah suatu kondisi dimana tubuh tidak dapat mengontrol  asam urat, sehingga kristal asam urat yang berlebihan akan menumpuk di jaringan tubuh. Gout ditandai dengan peningkatan kadar asam urat dalam tubuh dan menyebabkan inflamasi (radang) pada persendian (artritis).  Gout kronik (jangka panjang) dapat menyebabkan penumpukan asam urat didalam dan sekitar persendian, menurunkan fungsi ginjal dan membentuk batu ginjal.

Gejala awal dari artritis gout adalah panas, kemerahan dan pembengkakan pada  sendi yang tipikal dan tiba-tiba. Persendian yang sering terkena adalah persendian kecil pada basis dari ibu jari kaki. Beberapa sendi lain yang dapat terkena ialah pergelangan kaki, lutut, pergelangan tangan, jari tangan, dan siku. Pada serangan akut penderita gout dapat menimbulkan gejala demam dan nyeri hebat yang biasanya bertahan berjam-jam sampai seharian, dengan atau tanpa pengobatan. Seiring berjalannya waktu serangan artritis gout akan timbul lebih sering dan lebih lama.

Karena penyebab gejala gout adalah akibat penumpukan kristal asam urat didalam sendi, maka keluhan tersebut dapat berpindah sesuai dengan lokasi sendi mana yang terjadi penumpukan kristal asam urat tersebut.

Gout tidak dapat disembuhkan, namun dapat diobati dan dikendalikan. Untuk itu dibutuhkan ketekunan dan kedisiplinan dalam terapi. Sebaiknya Anda mengikuti anjuran kontrol rutin pada waktu yang telah ditentukan oleh dokter anda untuk mengetahui perjalanan penyakit Anda tersebut.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar