Sukses

Ciri-ciri Hb Rendah

04 Feb 2015, 21:44 WIB
Pria, 24 tahun.

dok.mw tnya,ciri2 HB rendah itu gmn y,gjala nya,

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Jumlah Hemoglobin (Hb) menandakan konsentrasi protein hemoglobin yang membawa oksigen di dalam darah. Hb sendiri adalah komponen utama dari sel darah merah.Kisaran Hemoglobin (Hb) normal pada wanita dewasa yang tidak hamil adalah antara 12-16 mg/dL. Kisaran ini akan sedikit bervariasi tergantung dari batasan nilai normal pada masing-masing laboratorium. Namun, nilai Hb Anda yang sebesar 4,3 mg/dL jelas jauh berada di bawah nilai normal. Seseorang yang memiliki Hb rendah dikatakan memiliki keadaan anemia.

Hemoglobin yang rendah dalam dunia medis disebut dengan anemia seringkali dihubungkan dengan beberapa penyakit dan kondisi yang menyebabkan tubuh memiliki terlalu sedikit sel darah merah, misal: thalassemia. Anemia dapat terjadi jika tubuh menghasilkan sel darah merah yang lebih sedikit dibandingkan biasanya, misal: kekurangan asupan Fe (besi, bahan pembentuk hemoglobin); jika tubuh menghancurkan sel darah merah lebih cepat daripada sel darah dapat diproduksi (misal: Malaria) atau jika Anda mengalami kehilangan darah seperti misalnya pada kecelakaan, menstruasi, penyakit demam berdarah, ataupun muntah darah.

Kadar hemoglobin yang lebih tinggi dari normal dapat terjadi pada mereka yang tinggal di daerah dengan ketinggian tinggi, perokok, penyakit paru yang sudah berat, polisitemia, beberapa tumor dan juga dapat ditemukan sementara pada mereka yang mengalami dehidrasi.

Kekurangan hemoglobin tentu dapat berpengaruh terhadap kesehatan, bergantung pada keparahan anemia yang terjadi.

Jika terjadi anemia, maka pengaruh terhadap kesehatan yang dapat terjadi adalah:

  • kelelahan
  • kelemahan
  • kurang tenaga
  • kepala terasa melayang
  • Jika anemia bertambah berat, bisa menyebabkan stroke atau serangan jantung

Untuk mecegah agar tidak kekurangan kadar hemoglobin dan mengalami anemia, maka salah satu yang perlu diperhatikan adalah asupan makanan seimbang. Beberapa bahan makanan sumber bahan pembentuk hemoglobin (Fe) adalah:  hati, unggas, ikan, daging, kuning telur, sayuran berdaun hijau, kacang, buah kering.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar