Sukses

Hypoplastic left heart syndrome (HLHS)

23 Mar 2015, 22:31 WIB
Wanita, 30 tahun.

dok anak saya disimpulkan dokter terkena hypoplastic left heart syndrome(hlhs) apakah ada jalan lain atau cara lain untuk anak kami

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Hypoplastic left heart syndrome (HLHS) adalah kelainan bawaan sejak lahir yang berdampak pada aliran darah ke jantung. Ketika janin berkembang pada masa kehamilan, bagian kiri dari jantung penderita kondisi ini tidak terbentuk secara sempurna.

Pada bayi penderita penyakit ini, bagian kiri dari jantung tidak dapat memompa darah bersih ke seluruh tubuh.

Penyebab pasti dari gangguan perkembangan janin ini belum diketahui pasti. Pada beberapa kasus, kelainan pada gen dan kromosom dianggap sebagai faktor pemicunya, yang dikombinasikan dengan faktor resiko lain seperti ibu yang saat hamil terpapar penyakit dari lingkungan, atau dari apa yang dia makan atau minum.

Bayi dengan kondisi ini mungkin belum menunjukkan adanya masalah pada beberapa hari pertamanya diluar kandungan, namun kemudian secara cepat akan menunjukkan gejala seperti;

  • gangguan bernapas
  • jantung berdebar
  • nadi lemah
  • atau kulit pucat atau biru

Penanganan yang dapat diberikan meliputi;

  • Terapi Obat

pada beberapa kasus, bayi akan membutuhkan obat-obatan untuk menguatkan otot jantungnya, menurunkan tekanan darah, dan membantu tubuh untuk mengeluarkan kelebihan cairan tubuh.

  • Perbaikan Nutrisi

Bayi dengan HLHS akan cepat lelah pada saat menyusu, sehingga nutrisinya tidak cukup untuk pertumbuhannya. Untuk meyakinkan bayi mendapatkan nutrisi yang cukup, dapat diberikan susu formula yang tinggi kalori.

  • Pembedahan

Segera setelah bayi lahir, maka harus dilakukan beberapa pembedahan yang dibutuhkan untuk meningkatkan aliran darah keseluruh tubuh dan membuat jalan pintas untuk menggantikan fungsi jantung yang tidak baik. Operasi ini tidak dapat menyembuhkan HLHS, namun untuk memperbaiki fungsi jantung.

Bayi dengan HLHS akan memerlukan pemeriksaan secara rutin dengan dokter spesialis jantung untuk memonitor perkembangan penyakitnya. Jika gangguan yang terajadi begitu kompleks, atau jantung semakin melemah setelah operasi dilakukan, maka dibutuhkan tindakan transpalntasi jantung.

Kami anjurkan anda untuk kembali berkonsultasi dengan dokter yang menangani anak anda untuk mencari tahu tindakan terbaik apa yang saat ini dapat anda lakukan.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar