Sukses

Gatal di Belahan Bokong

14 Nov 2014, 17:35 WIB
Pria, 33 tahun.

salam, saya ingin konsultasi soal penyakit gatal yg aku derita , yakni di bagian belahan Maaf* "pantat saya sisi belakang itu sering gatal dan aku sering garuk sampe terjadi luka" mohon penjelasan dokter tentang sakit yg saya alami, sebaiknya saya melakukan apa untuk menyembuhkan. terima kasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Sejak kapan keluhan ini Anda rasakan? Apakah ada keluhan gatal di bagian tubuh lain seperti lipatan paha atau organ kemaluan? Apakah ada keluhan lain selain gatal seperti diare? Ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan gatal pada belahan bokong atau  anus:

  1. cacingan

  2. jamur kulit : candidiasis dan tinea korporis

  3. scabies, sejenis kutu yang infeksi kulit

  4. iritasi karena diare

  5. kondiloma akuminata (kutil)

  6. dan lain-lain (jarang)

Apakah ada kemerah-merahan selain di belahan bokong, seperti lipat paha? Apakah pakaian dalam Anda sering lembab? Bila ya mungkin penyebabnya adalah jamur atau candida (semacam jamur). 

Saat ini yang terpenting adalah menjaga kebersihan daerah belahan bokong dan sekitarnya serta menjaga kelembaban daerah tersebut dengan rutin mengganti pakaian dalam dan menghindari menggunakan celana ketat.

Keluhan-keluhan Anda perlu dikonfirmasi dengan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang  (misal: laboratorium, dsb). Untuk itu, kami sarankan Anda mengunjungi dokter untuk wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar