Sukses

Kosmetik Bagi Kulit Sensitif

12 Nov 2014, 20:15 WIB
Wanita, 25 tahun.

Kosmetik yang cocok untuk kulit sensitif apa ya?

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Seiring dengan pertambahan usia, terdapat beberapa perubahan pada struktur dan elastisitas kulit karena berkurangnya produksi minyak alami serta kolagen kulit. Kondisi diperburuk dengan paparan bahan iritan yang apabila pajanannya terakumulasi dapat menyebabkan penebalan kulit, kering, retak hingga luka. Hal inilah yang menjadi latar belakang dan faktor penyebab kulit sensitif. Kulit sensitif dapat berupa kulit yang mudah merah , iritasi, berjerawat ataupun kulit yang terlampau kering.

Kosmetik tidak hanya terdiri dari kosmetik rias namun juga terdiri dari kosmetik perawatan. Untuk itu baik menggunakan maupun tidak menggunakan kosmetik masing-masing dapat berbahaya, jika menggunakan kosmetik yang kurang tepat dapat memicu terjadi alergi atau iritasi sedangkan jika tidak menggunakan kosmetik perawatan yang tepat maka kulit Anda menjadi tidak terawat. Perawatan kulit sensitif harus ekstra hati-hati. Sebaiknya selalu memperhatikan label produk kosmetik dan pilihlah produk yang diberi label ‘hypoallergenic’ atau produk khusus bagi kulit sensitif.

Kuncinya adalah menemukan kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit Anda, tidak merangsang iritasi/alergi dan juga kandungan kimianya tidak memicu pembentukan komedo dan jerawat (non-komedogenik). Hal ini dapat diketahui dari bahan-bahan yang terkandung dalam kosmetik dan juga biasanya kosmetika tersebut akan mencantumkan bahwa bahan-bahan kandungannya.

 

Tak pelak, kelembaban kulit pun harus diperhatikan dengan berbagai macam langkah sebagai berikut:

  • Hindari penggunaan sabun antiseptik, terutama yang menghasilkan banyak busa

  • Hindari mandi menggunakan air panas

  • Hindari tindakan menggosok kulit (contohnya sabun dengan kandungan scrubatau tindakan mengeringkan kulit menggunakan handuk)

  • Gunakan losio yang mengandung pelembab. Semakin kering dan tebal kulit, maka konsentrasi pelembab yang dibutuhkan juga semakin besar

  • Hindari tindakan mengamplas kulit yang kering, karena tindakan tersebut justru akan membuat kulit menjadi tebal, kasar hingga luka

  • Konsumsi air putih minimal 1.5 liter per hari

  • Perhatikan keseimbangan asupan nutrisi harian Anda.

Idealnya perlu dilakukan pemeriksaan langsung untuk melihat gambaran kelainannya sehingga diagnosis dapat lebih mudah ditegakkan. Untuk itu kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin untuk tatalaksana yang lebih optimal.

Berikut kami lampirkan beberapa artikel yang dapat membantu Anda:

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar