Sukses

Menyusui dan Kontrasepsi

12 Nov 2014, 15:03 WIB
Wanita, 28 tahun.

Dok, saya pasca mlahirkn bln januari tgl 18, haid prtama bln junil tgl 10. sampai bln oktober gl 5 masih lancar. skrg november malah nda turun yah?? sy sdh cek pakai testpack hasil (-) negatif. apa ada pengaruh dgn menyusui?? mohon penjelasannya haid normal pasca melahirkan (normal) Dok, tima kasih.

dr. Mega Putri

Dijawab Oleh:

dr. Mega Putri

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda. Memang benar bahwa menyusui dapat digunakan sebagai kontrasepsi alami (amenorea menyusui). Hal ini dikarenakan sistim hormonal akan tertekan sehingga menghambat terjadinya ovulasi (keluarnya sel telur) pada saat menyusui. Namun tentu saja metode ini memiliki syarat agar efektif, yaitu :

  • Menyusui setiap 4 jam pada siang hari, dan setiap 6 jam pada malam hari (minimal)
  • Makanan tambahan untuk anak hanya diberikan 5-10% dari total

Kehamilan menurut survey terjadi pada 2 per 100 wanita pada 6 bulan setelah melahirkan dan 6 per 100 wanita setelah 6-12 bulan setelah melahirkan. Semakin besar anak maka akan semakin sulit untuk memenuhi syarat yang kedua yaitu makanan tambahan (selain ASI) hanya diberikan 5-10% dari total. Pada anak usia 6 bulan keatas, makanan pendamping berupa susu formula dan makanan padat lainnya (bubur, buah, nasi tim, dll) perlahan-lahan akan mendominasi menggantikan ASI. Hal ini dikarenakan  nutrisi yang terkandung di dalam ASI tidak lagi cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi anak di atas usia 6 bulan. Karena hal itulah maka amenorea menyusui tidak lagi cukup efektif pada anak diatas usia 6 bulan, apalagi pada anak yang berusia lebih dari 1 tahun.

Kontrasepsi yang dapat digunakan adalah pil maupun suntikan yang tidak mengganggu proses menyusui atau kontrasepsi spiral. Semua akan tergantung keinginan dan kebutuhan ibu. Ibu dapat membaca lebih lanjut mengenai kontrasepsi di Rubrik Kebidanan dan Kandungan di :

http://kehamilan.klikdokter.com/

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (MP)

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar