Sukses

Nyeri Dada Kanan Atas

12 Nov 2014, 14:27 WIB
Pria, 20 tahun.

maaf saya mau tnya dok kadang saya suka kerasa sakit di dada bagian kanan atas itu kira" kenapa ya? saya pernah sakit tbc, di diagnosis sembuh sejak 2 bulan yg lalu oleh dokter puskesmas. apa mungkin tbc saya kambuh lg? sejak sembuh saya blm pernah sakit batuk, sesekali sakit aja di dada bagian kanan atas, dan sakitnya lebih terasa saat menguap. tx

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan Anda adalah nyeri di  sebelah kanan bagian dada atas, terasa lebih sakit jika menguap. Anda mengatakan memiliki riwayat TB paru. Sebelumnya apakah Anda rutin mengkonsumsi obat selama 6 bulan? Apakah saat akhir pemeriksaan dan dinyatakan sembuh Anda melakukan pemeriksaan foto polos dada atau dahak kembali?

Keluhan nyeri dada dapat disebabkan oleh berbagai sebab, diantaranya disebabkan karena gangguan otot, tulang, kulit dan paru.?Gangguan kulit dipikirkan bila terdapat perlukaan atau bekas luka di tempat tersebut, gangguan otot dapat disingkirkan bila nyeri dada membaik ketika dada dipijat, gangguan tulang dipikirkan apabila terdapat riwayat trauma atau terjatuh sebelumnya atau ada riwayat patah tulang dada. Gangguan pada paru dapat dipikirkan karena nyeri dada terjadi saat menguap dan letak nyeri dada pada kanan atas dimana kuman penyebab TB biasanya hidup. Namun bisa jadi Anda memang sudah sembuh tapi menimbulkan bekas jaringan parut pada paru-paru sehingga menimbulkan keluhan nyeri. Untuk memastikannya Anda harus memeriksakan diri ke dokter.

Penyakit TB paru dapat kambuh jika imunitas (daya tahan) tubuh seseorang menurun dan juga orang tersebut menjalankan pola hidup yang tidak sehat. Kami tidak dapat memastikan apakah nyeri dada kanan yang dikeluhkan Anda disebabkan oleh TB paru kambuh atau tidak. Diperlukan pemeriksaan fisik dan penunjang seperti dahak dan foto polos paru untuk mengetahuinya. Untuk itu kami menganjurkan agar Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis paru guna penanganan lebih lanjut.

Berikut kami sertakan artikel: Tuberkulosis Paru untuk informasi lengkap Anda.

Demikian Informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar