Sukses

Memiliki Kepribadian Yang Berlawanan

23 Mar 2015, 19:30 WIB
Pria, 21 tahun.

Saya ingin bertanya, dalam memutuskan sebuah tindakan kadang didalam pikiran saya terbagi menjadi 2 bagian, seperti ada yang baik dan yang jahat. Saya juga merasa terkadang ada sisi lain dari diri saya yang memiliki kepribadian yang berlawanan dengan saya. Saya merasa saya memiliki sifat intorovert dari browsing dan jarang mengeluarkan tekanan perasaan yang dimiliki seperti marah. Apakah ini termasuk normal???

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Semua individu berpeluang untuk memiliki kepribadian yang berlawanan, misalnya disatu sisi kita memiliki kepribadian yang ramah dan supel, disisi lain kita pemalu.

Terdapat Empat kepribadian yang ditetapkan Hippocrates 2400 tahun yang lalu: Sanguinis, Melankolis, Koleris, dan Phlegmatis.

  • Kepribadian Sanguinis :

Kemampuan orang Sanguinis yang Populer untuk melangsungkan percakapan yang mengasyikkan apakah mengenai Koperasi atau Kongo merupakan segi plus yang membuat iri hati orang lain; tetapi kalau dibawa sampai ke ujung yang ekstrim orang Sanguinis yang Populer bicara terus-menerus, memonopoli, menyela, dan menyimpang terlalu jauh dari kebenaran.

  •  Kepribadian Melankolis :

Pemikiran analitis yang mendalam dari orang Melankolis yang Sempurna merupakan ciri khas yang jenius, banyak dihormati oleh mereka yang pikirannya lebih dangkal, walaupun demikian kalau dibawa sampai ke titik ekstrim, dia jadi menyebabkan kemurungan dan menekan perasaan.

  • Kepribadian Koleris :

Bakat orang Koleris yang Kuat untuk kepemimpinan yang cepat dan tajam sangat diperlukan dalam setiap tahap kehidupan pada zaman sekarang; tetapi kalau dibawa sampai titik esktrim, orang Koleris yang Kuat jadi sok berkuasa, mendominasi, dan manipulatif.

  • Kepribadian Phlegmatis :

Sifat orang Phlegmatis Damai yang mudah bergaul merupakan perpaduan yang mengagumkan dan menjadikannya orang yang paling disukai dalam kelompok mana saja; namun kalau dibawa sampai ke titik ekstrim, orang Phlegmatis yang Damai tidak peduli melakukan apa pun, masa bodoh, dan tidak punya kepastian.

Keempat tipe kepribadian tersebut, menurut Littauer, juga bisa bercampur dalam diri seseorang. Littauer membedakannya menjadi empat: campuran alami, campuran pelengkap, campuran yang berlawanan, dan sedikit-sediki-t dari segalanya.

  • Campuran alami adalah Sanguinis Koleris dan Melankolis Phlegmatis.
  • Campuran pelengkap yang berorientasi hubungan Sanguinis Phlegmatis
  • Campuran pelengkap yang berorientasi tujuan Koleris Melankolis
  • Campuran berlawanan dianggap sebagai pertikaian batin yaitu Sanguinis Melankolis dan Koleris Phlegmatis.

Oleh karena itu, kondisi yang Anda utarakan kami rasa masih merupakan kondisi yang normal, selama anda dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, serta bisa dengan bijaksana memutuskan segala hal dalam hidup anda.

Namun, jika anda merasa terjadi gangguan dalam hidup anda akibat keputusan yang salah atau dapat membahayakan diri sendiri, kami sarankan anda mencari bantuan medis, salah satunya dengan bekonsultasi dengan dokter psikiatri.

Dan untuk mencari dokter ataupun Rumah Sakit di daerah Anda, Anda dapat menggunakan fitur CARI DOKTER dan CARI RUMAH SAKIT pada kolom direktori Kami.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar