Sukses

Nyeri Telinga Sehabis Snorkeling

12 Nov 2014, 11:38 WIB
Pria, 24 tahun.

Sudah 3 hari telinga kanan saya sakit, malam Ini makin bertambah sakit. Letak sakitnya di dalam rongga telinga. Terasa sangant sakit saat pindah posisi tidur, ditekan di bagian luar atau melompat2. Tidak ada nanah, darah atau apapun yg keluar dari saluran telinga. Sebelumnya saya melakukan snorkling di lautan

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Kapan Anda melakukan snorkeling sebelumya? Apakah dalam jangka waktu dekat? Apakah disertai dengan gejala lain seperti telinga berdengung? apakah ada penurunan pendengaran? apakah anda saat ini sedang batuk pilek?

Nyeri telinga menggambarkan adanya gangguan pada telinga luar, telinga tengah, atau telinga dalam. Nyeri pada telinga dapat terjadi akibat dari infeksi, trauma terhadap telinga, atau sumbatan pada saluran tuba. Pada kasus Anda nyeri telinga dapat disebabkan oleh baro trauma yaitu suatu kondisi sensai tidak nyaman di telingan akibat perbedaan tekanan di dalam dan di luar gendang telinga. Hali ini sering terjadi saat seseorang menaiki pesawat, menyelam, snorkeling, berenang, hiking dan lain sebagainya. keluhan yang biasanya dikeluhkan adalah nyeri telinga yang bisa disertai dengan penurunan pendengaran, rasa penuh pada telinga. Namun bila terjadi lebih dari 3 jam perlu dievaluasi apakah ada infeksi pada telinga atau tidak.

Untuk mengurangi gejala pada barotrauma Anda dapat melakukan hal di bawah ini:

  • menguap
  • mengunyah permen karet
  • latihan pernapasan
  • menggunakan antihistamin dan dekongestan (sesuai petunjuk dokter)

Untuk mengetahui penyebab pasti keluhan Anda kami sarankan Anda berkonsultasi ke dokter spesialis THT agar dapat dilakukan pemeriksaan langsung terhadap telingan Anda sehingga bisa mendapatkan penanganan yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar