Sukses

Gigi Anak Boleh Dicabut ?

14 Nov 2014, 15:41 WIB
Pria, 32 tahun.

dok apakah gigi pada anak anak tidak boleh di cabut,mohon beri obat sakit gigi buat anak anak

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi.

Pencabutan adalah suatu prosedur medis yang dilakukan bila memang gigi sudah tidak dapat dipertahankan lagi dalam rongga mulut dan beresiko menimbulkan infeksi baik pada jaringan sekitarnya maupun membahayakan organ tubuh lainnya. Begitu pula pencabutan gigi pada anak, maka bila sesuai dengan indikasinya dan kondisi anak memungkinkan yaitu anak kooperatif dalam tindakan dan tidak terlalu muda maka bisa dilakukan pencabutan, terutama pada gigi susu yang sudah goyang atau gigi susu yang persistensi ( tidak kunjung lepas walaupun gigi tetap telah tumbuh). Perlu Anda ketahui bahwa pencabutan gigi anak yang merupakan gigi tetap maka gigi tersebut tidak akan digantikan lagi.

Perlu Anda ketahui pada pencabutan dini gigi susu maka harus dilakukan suatu perawatan space maintener yang bertujuan untuk menjaga ruangan bagi tumbuhnya gigi tetap dan bila yang dicabut adalah gigi tetap maka gigi tersebut tidak akan tumbuh lagi.

Bila gigi anak Anda bermasalah seperti berlubang atau infeksi bahkan sampai menimbulkan rasa sakit dan gangguan lainnya maka sebaiknya lakukan perawatan ke dokter gigi, karena pemberian obat pereda nyeri pada sakit gigi bukan merupakan solusi tapi hanya menghilangkan sementara nyeri gigi tersebut dan tidak menghilangkan penyebabnya.

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar