Sukses

Amenorea Sekunder

14 Nov 2014, 14:34 WIB
Wanita, 15 tahun.

dok, teman saya sudah haid sejak usia 12 tahun, tetapi sudah 1 tahun ini dia tidak haid. kira2 apa yang terjadi dengannya ? apa berpengaruh dengan kesehatannya ? dilihat dari fisiknya tidak ada yang berubah dan dia juga tidak mengalami sakit dimanapun dan dalam bentuk apapun, terimakasih

 

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Sekarang berapa usia teman Anda? Dan sudah berapa lama teman Anda haid? Nampaknya yang terjadi pada teman Anda dinamakan sebagai Amenorea Sekunder. Amenorea sekunder adalah tidak terjadinya menstruasi selama 3 siklus (pada kasus oligomenorea atau jumlah darah menstruasi sedikit), atau 6 siklus setelah sebelumnya mendapatkan siklus menstruasi biasa.

Faktor-faktor risiko terjadinya amenore sekunder antara lain:

  • Aktivitas fisik yang terlalu berat (ekstrem)
  • Terlalu kurus (lemak tubuh kurang dari 15 – 17%). Keadaan ini mempengaruhi proses pembentukan hormon. Jika seorang perempuan mengalami kelainan makan, seperti anoreksia atau bulimia, perubahan hormonal yang disebabkan dapat berujung pada berhentinya menstruasi.
  • Obesitas. Adanya jaringan lemak yang berlebih pada seorang yang mengalami obesitas juga mempengaruhi proses ovulasi (pengeluaran sel telur dari indung telur).
  • Stress psikis. Stress dapat mempengaruhi fungsi hipotalamus sehingga menstruasi berhenti. Karena itu jika stress berkurang, menstruasi muncul kembali.
  • Penggunaan obat-obatan tertentu seperti antidepresan, antipsikotik, obat kemoterapi, dan kortikosteroid oral.

Penanganan yang terpenting adalah penyebab amenorea sekunder Anda. Kami sarankan Anda melakukan konsultasi kembali dengan dokter Anda, dan memberitahukan riwayat diet dan olahraga Anda. Namun pemberian obat yang sudah ada sekarang pasti sudah berdasarkan pertimbangan dokter dari hasil pemeriksaan fisik pada diri Anda sebelumnya. 

Berikut kami lampirkan artikel seputar menstruasi:

Demikian informasi yang kami  dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (DNA)

Salam,

Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar