Sukses

Kulit Wajah Tipis Akibat Obat Jerawat

27 Jan 2015, 10:01 WIB
Wanita, 21 tahun.

2 tahun yang lalu saya menjadi pelanggan sebuah klinik kecantikan, karena pada waktu itu kulih wajah saya berminyak berlebih dan sangat sensitif, jadi jerawatpun sering muncul, setelah beberapa bulan, jerawat pun hilang, dan kesensitifan kulit wajah saya pun hilang, semenjak saat itu, krim malam saya yang sebelumnya menghilangkan jerawat-pun diganti oleh dokter klinik tersebut dengan krim pencerah yang akan bisa memudarkan bekas jerawat di kulit wajah saya, dan sampai sekarang krim tersebut masih saya pakai, tapi mungkin karena lapisan kulit luar wajah saya yang sebelumnya sudah tipis, jadi sekarang wajah saya pun kemerahan dibagian2 tertentu, yang menjadikan warna kulit muka saya tidak merata, apakah bisa jika saya ingin mengembalikan warna alami kulit wajah saya, biar gak kemerahan lagi, apakah bisa dok?, mungkin dengan cara memberi multivitamin atau dengan masker seperti itu dok?, terbersit di pikiran saya ingin berhenti menggunakan krim tersebut, tetapi saya sudah terlanjur lama memakainya dan ada semacam efek ketagihan yang membuat saya tidak bisa serta merta berhenti dari penggunaan krim tersebut dan ketika saya konsultasikan di dokter klinik tersebut tentang keluhan saya-pun, dokternya hanya bilang kalau itu pengaruh cuaca yang memang di daerah saya itu mataharinya sangat terik dan tidak ada solusi yang saya terima, terimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.  Kulit sensitif adalah kulit yang tipis, mudah iritasi dan kadang kala berwarna kemerahan. Biasanya ditandai dengan mudah memerah atau meradang,sangat mudah berjerawat dan sering terasa gatal atau memerah jika terkena kosmetik atau perawatan kulit. Keluhan hitam di daerah perut bisa diakibatkan telah terjadi iritasi di daerah tersebut. Namun untuk menentukan diagnosa penyakit kulit dibutuhkan pemeriksaan fisik secara langsung untuk melihat ujud kelainan kulit. Oleh karena itu kami sarankan Anda melakukan konsultasi langsung dengan dokter spesialis kulit dan kelamin. 

Berikut artikel seputar kulit sensitif untuk menambah informasi Anda.

Penyebab pasti jerawat memang belum diketahui, namun ada berbagai faktor yang diketahui berkaitan dengan penyakit ini: 

  • Stress
  • Faktor hormonal. Salah satu faktor penting yang menyebabkan timbulnya jerawat adalah meningkatnya produksi hormon testosteron, yang dimiliki oleh tubuh pria maupun wanita. Hormon testosteron yang terdapat dalam tubuh pria maupun wanita memicu timbulnya jerawat dengan merangsang kelenjar minyak (sebaceous gland) untuk memproduksi minyak kulit (sebum) secara berlebihan.
  • Kelenjar minyak yang terlalu aktif
  • Keturunan dari orangtua
  • Bakteri di pori-pori kulit

Sehingga pengobatan jerawat juga perlu memperhatikan faktor-faktor di atas. Jerawat dapat timbul kembali jika faktor-faktor di atas tidak dapat dikontrol dengan baik. 

Kondisi kulit berminyak merupakan jenis kulit yang sangat berisiko untuk mengalami jerawat. Selain pengobatannya memang membutuhkan kesabaran, juga memerlukan pengendalian dari pola makan, kebiasaan membersihkan wajah, pengendalian stress dan sebagainya.

Pengobatan jerawat didasarkan dengan cara mengurangi produksi minyak, melawan infeksi bakteri, mempercepat pergantian sel kulit dan mengurangi peradangan. Sebagian besar obat-obatan jerawat belum memberikan hasil dalam 4-6 minggu pertama. Pengobatan yang diberikan dapat termasuk pengobatan luar dan juga obat-obatan minum.

Memang pengobatannya membutuhkan jangka waktu lama dan kesabaran. Kami sarankan agar tidak memakai obat tanpa pengawasan dokter, karena penanganan kulit berjerawat memang membutuhkan waktu yang lama sehingga perlu pemantauan dan kesabaran. Selain dari obat-obatan luar dan obat-obatan minum, Anda juga perlu memperhatikan diet dan  kebersihan wajah

Kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk analisa faktor-faktor yang menyebabkan jerawat pada wajah Anda. Namun sayang sekali kami tidak dapat merekomendasikan dokter spesialis kulit tertentu atau klinik tertentu dikarenakan kode etik kami sebagai dokter. 

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar