Sukses

Anak Trauma Dibilang Gendut

03 Feb 2015, 22:52 WIB
Wanita, 28 tahun.

Dok, anak saya 3.10 bln, Bb 23kg. Sering dikatain gendut oleh teman2nya Dan orang tua yg mungkin maksudnya mau bercanda, akan tetapi hal ini berdampak pada psikologis anak saya, anak saya jadi tidak mau makan. Setiap Kali disebut gendut dia selalu marah, kadang2 sampai terbawa mimpi. Bagaimana Sikap bijak yg harus says lakukan?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebaiknya baik Orang tua maupun Orang dewasa disekitar Anak Anda tidak lagi memfokuskan perhatian pada berat atau bentuk badan Anak, karena akan menyebabkan trauma psikologis anak yang nantinya akan menyebabkan  eating disorder (kesulitan makan) pada anak, yang sepertinya telah dialami oleh Anak Anda.
Kesulitan makan bukanlah diagnosis atau penyakit, tetapi merupakan gejala atau tanda adanya penyimpangan, kelainan dan penyakit yang sedang terjadi pada tubuh anak. Namun, Jangan terlalu mudah menganggap penyebabnya karena masalah psikologis sebelum kita menyingkirkan penyebab fisik atau organik lainnya. Penyebab fisik kesulitan makan tampaknya yang sering adalah karena gangguan saluran cerna (alergi makanan , celiac disease, intoleransi makanan, dll). Sedangkan penyebab yang lain relatif sangat jarang terjadi.

Bila terdapat kesulitan makan yang berkepanjangan lebih dari 2 minggu sebaiknya harus segera berkonsultasi dengan dokter keluarga atau dokter anak yang biasa merawat. Sedangkan Bila dicurigai adanya latar belakang psikologis maka kelainan makan tersebut harus dikonsultasikan pada psikiater atau pskolog anak.

Jika Anda merasa anak Anda lebih besar dibanding anak lain seusianya, sebaiknya bicarakan dengan dokter atau ahli gizi tanpa perlu didengar oleh anak. Ahli gizi yang baik akan menyarankan weight maintenance bukan weight loss sampai tercapai berat badan Anak Anda cocok dengan usia anak.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar