Sukses

Mengalami Keguguran Karena Kelainan Kromosom

23 Feb 2015, 07:48 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok saya mau tanya,saya pernah mengalami keguguran di usia kandungan 6 minggu,setelah saya cek,janinnya tidak berkembang,karna kromosom nya kurang bagus, apakah setelah keguguran saya sulit hamil ? kalau kromosom kurang bagus,masalah pada istri/suami? dan untuk mengatasi kromosom kurang bagus gimana dok ? trima kasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Kromosom adalah struktur yang mengandung unsur-unsur genetika manusia. Kromosom diwariskan oleh sperma dan sel telur orangtua kepada bayi mereka. Tiap manusia dalam kondisi normal memiliki 46 kromosom, tapi ada kalanya terjadi situasi ketika bayi menerima kromosom dalam jumlah yang lebih banyak atau lebih sedikit. Misalnya pada anak dengan sindrom Down yang memiliki 47 kromosom.

Risiko terjadinya kelainan pada genetika bayi makin meningkat seiring bertambahnya usia ibu hamil. Kelainan kromosom juga telah menyebabkan setidaknya 50 persen keguguran di masa awal kehamilan. Memeriksakan kehamilan sejak dini dengan tes-tes tertentu dapat membantu mendeteksi kelainan tersebut.

Kelainan kromosom dapat menyebabkan gangguan spesifik yang diidap bayi. Jenis kelainan tersebut ada berbagai macam. Berikut ini adalah beberapa penyakit yang paling umum terjadi;

  • Sindrom Down: kelainan jumlah kromosom yang menyebabkan gangguan kemampuan belajar dan perbedaan tampilan fisik dari manusia pada umumnya.
  • Spina bifida: kelainan dalam perkembangan tulang belakang dan saraf tulang belakang yang mengakibatkan adanya celah pada tulang belakang serta gangguan pada otak.
  • Talasemia: kelainan darah yang bersifat turunan yang menyebabkan sel-sel darah merah tidak dapat berfungsi secara normal, sehingga mengakibatkan anemia.

Pada beberapa kondisi seperti talasemia, bayi hanya akan mengalami  kelainan jika kedua orangtuanya sama-sama memiliki kelainan gen tersebut dan mewariskannya secara bersamaan kepada anak.

Kelaianan kromososm manakah yang Anda maksud? faktor resiko dan gangguan yang dapat terjadi, serta penanganannya berbeda tergantung dari kromososm mana yang mengalami kelaianan. Untuk itu kami anjurkan Anda kemballi berkonsultasi dengan dokter Anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar