Sukses

Flek Karena IUD

11 Nov 2014, 20:16 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok saya mau konsultasi,pada bulan april saya pasang IUD di puskesmas,beberapa hari setelah pasang saya mengalami seperti datang bulan tapi lebih sering sedikit dan itu berlanjut sampai sekarang!saya pernah cek posisi IUD lg di bidan dan bidan bilang posisinya bagus setelah itu saya diberi suntikan untuk menghentikan flek2 itu tp itu hanya bertahan kurang lebih satu minggu dan setelah itu saya flek2 lagi,kenapa itu bisa terjadi dok?apakah itu normal?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter 

Pemakaian Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR) atau IUD memang memiliki beberapa efek samping, diantaranya adalah nyeri, perdarahan, peningkatan jumlah darah menstruasi, dan keputihan. Selain itu kerugian yang dapat terjadi apabila memakai IUD diantaranya adalah :

  • risiko infeksi panggul
  • dismenorea (nyeri saat haid)
  • menoragia pada bulan-bulan pertama
  • peningkatan risiko perforasi (robek)  rahim
  • risiko kehamilan ektopik
  • dan AKDR dapat lepas dengan sendirinya.

Adanya flek dan keputihan yang bertambah banyak dapat disebabkan karena efek samping dari IUD, gangguan hormonal, cervicitis (peradangan mulut rahim), ataupun terdapatnya infeksi. Untuk memastikan kondisi Anda, kami sarankan untuk berkonsultasi langsung ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk dilakukan anamnesa lengkap dan pemeriksaan fisik untuk evaluasi lebih lanjut.

Demikian Informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar