Sukses

Nyeri Punggung Kiri

12 Feb 2015, 22:59 WIB
Wanita, 32 tahun.

dok....mau tanya....sarya selalu sakit bagian punggung sebelah kiri......dan sering ngilu.....itu sakit apa ya dok??? kok akhir alhir ini saya cepat lelah dan sakit punggung....makasi sebelumnya...

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter.

Keluhan pada punggung dapat disebabkan karena gangguan pada kulit, otot, atau tulang. Keluhan pada kulit umumnya disebabkan karena adanya penyakit kulit pada bagian punggung, keluhan pada otot akibat salah posisi, dan keluhan pada tulang karena adanya kelainan tulang belakang.

Keluhan pada otot umumnya disebabkan karena salah posisi duduk atau bekerja dengan posisi yang sama terus menerus. Apabila tubuh tidak berada di dalam posisi anatomis, maka akan menimbulkan keluhan pegal. Keluhan punggung akibat gangguan tulang belakang (skoliosis) juga dapat menyebabkan rasa nyeri.

Untuk sementara waktu(sebelum memeriksakan diri ke dokter), rasa nyeri yang Anda alami dapat dikurangi dengan konsumsi obat anti nyeri. Namun harus juga diperhatikan untuk menghindari berbagai aktivitas yang dapat memicu dan memperberat keluhan ini. Beberapa tips yang dapat diterapkan adalah:

  • Biasakan untuk melakukan pemanasan sebelum bekerja
  • Selalu perhatikan posisi duduk atau berdiri yang benar
  • Saat hendak mengangkat benda berat, jagalah sumbu tubuh dalam posisi tegak, jangan membungkuk yang justru akan menambah beban dan regangan pada tulang belakang
  • Olahraga berenang atau bersepeda bermanfaat untuk mengurangi nyeri dengan mengurangi tekanan pada struktur tulang punggung dan sekitarnya.
  • Hindari olaharaga yang memberikan beban pada tulang belakang seperti lari dan mengangkat beban yang justru akan memperparah nyeri, seperti lari atau angkat beban
  • Tidur dalam posisi lurus, sebaiknya di atas kasur/alas yang keras
  • Coba latihan kekuatan otot punggung/latihan core seperti plank, side plank, bridge.

Kami sarankan agar anda berkonsultasi langsung ke dokter untuk evaluasi dan tatalaksana lebih lanjut. Dengan demikian Anda akan mendapat penanganan yang tepat dan optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar