Sukses

Anak Sering Muntah

12 Feb 2015, 23:07 WIB
Wanita, 5 tahun.

dok,anak sy sering muntah2 tp ga mencret,asal abis makan ga lama muntah,knp ya?

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Mual adalah sensasi tidak enak yang biasanya terjadi sebelum keinginan untuk muntah. Sedangkan muntah sendiri adalah pengeluaran isi lambung dengan kuat lewat mulut. Muntah terjadi apabila pusat muntah di susunan saraf pusat terstimulasi.

Penyebab muntah pada bayi:

  • kelainan saluran cerna : disertai diare, demam
  • infeksi saluran kemih : nyeri saat BAK, demam
  • otitis media (infeksi telinga bagian tengah) : nyeri telinga, panas, keluar cairan dari telinga
  • asma : batuk, mengi
  • gangguan pemberian makan
  • intususepsi (usus yang tumpang tindih) : nyeri perut, teraba benjolan di perut (kegawatan bedah)

Penyebab muntah pada anak

  • sama seperti diatas
  • sindrom muntah berulang : biasa disertai sakit kepala

Apakah terdapat tanda-tanda seperti yang kami sebutkan di atas pada Anak Anda?

Jika tidak, Anda tidak perlu terlalu khawatir. Yang perlu Anda lakukan adalah rehidrasi cairan, berikan cairan sesuai dengan yang keluar untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Usakahan untuk memberi anak makan tepat waktu dan tidak menggunakan bumbu yang berbau menyengat.

Berikut merupakan tanda-tanda dehidrasi pada anak :

  1. tanpa dehidrasi: sadar, mau minum normal, kelopak mata normal, air mata banyak, mulut tidak kering, kulit tidak keriput. Urin normal. Berat badan turun<5%. Terapi penggantian cairan rehidrasi oral (CRO) 10ml/kgBB/setiap diare; 2-5ml/kgBB setiap muntah.
  2. dehidrasi ringan-sedang : rewel, gelisah, tampak kehausan dan minum dengan cepat, kelopak mata cekung, air mata berkurang, mulut kering, kulit pucat, urin berkurang, berat badan turun 5-10% dari berat badan sebelumnya. Diberikan rehidrasi dengan CRO 75mg/kgBB/3jam dan penggantian cairan sama seperti dehidrasi ringan.
  3. dehidrasi berat : lemah, tidak sadar, tidak mau minum, kelopak mata sangat cekung, sangat kering, kulit pucat, berat badan turun>10% dari berat badan sebelumnya. Terapi rehidrasi dengan cairan intravena (infus) untuk itu segera dibawa ke fasilitas kesehatan.

Kenali tanda-tanda bahaya terutama pada anak Anda, seperti lemas, mengantuk, tidak ada respon, tidak mau minum, sulit dibangunkan, kulit keriput. Jika didapatkan tanda-tanda dehidrasi yang sedang hingga berat, kami sarankan Anda segera membawa anak Anda ke fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapat penanganan segera.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar