Sukses

Gigi Geraham Bungsu

11 Nov 2014, 18:01 WIB
Wanita, 18 tahun.

Dok, normalnya gigi geraham bungsu itu tumbuh pada usia berapa? Sakit ya biasanya itu dok ?

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi.

Munculnya gigi geraham bungsu terjadi pada usia 17- 21 tahun, dan berbeda-beda pada tiap individu. Pada banyak kasus ditemui tumbuhnya gigi geraham bungsu ini bermasalah atau impaksi dan menimbulkan gangguan, baik berupa rasa sakit sampai pembengkakan.

Banyak para ahli yang menyarankan pencabutan pada kasus gigi seperti ini, karena jika hanya diberi obat untuk mengurangi radang gusi, peradangan tersebut nantinya akan kembali berulang. Pencabutan gigi yang impaksi memang tidak seperti pencabutan biasa, mengingat posisi gigi yang umumnya terletak di luar lengkung rahang normal atau miring, atau bahkan tidak tumbuh sama sekali. Namun Anda tidak perlu terlalu khawatir, karena tindakan ini merupakan operasi kecil dengan pembiusan lokal. Jika dilakukan sesuai prosedur, resiko komplikasi dapat ditekan seminimal mungkin.

Walaupun persentase kejadiannya rendah, kista atau tumor dapat tumbuh di sekitar gigi molar tiga yang terbenam dalam gusi dan tulang yang tidak diambil. Oleh karena itu pertimbangan pencabutan gigi molar tiga yang tidak disertai gejala apapun terkadang didasarkan atas pertimbangan pencegahan. Meski demikian operasi pencegahan ini belum menjadi kesepakatan secara umum di kalangan ahli bedah mulut.

Berikut artikel terkait yang dapat Anda baca

Impaksi Molar Tiga

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar