Sukses

Saat Berhubungan Badan Dan Melakukan Penetrasi Seperti Membentur Sesuatu

03 Feb 2015, 22:18 WIB
Pria, 26 tahun.

met siang dok,istri saya habis melahirkan 6 bln yg lalu.tetapi kenapa saat berhubungan badan dan melakukan penetrasi seperti membentur sesuatu, ada yg menghalangi sehingga tidak bisa maksimal saat penetrasi

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Apakah istri Anda merasakan nyeri saat berhubungan intim?

Kesulitan penetrasi pada saat melakukan hubungan seksual dapat terjadi karena beberapa faktor, karena masalah psikologis, adanya rasa trauma atau cemas berlebihan atau adanya masalah infeksi pada vagina atau kurangnya foreplay di awal sehingga terjadi kurang lubrikasi pada daerah vagina istri Anda dan menyebabkan kesulitan penetrasi dan sensai ada yang mengganjal.

Kemungkinan penyebab lainnya adalah adanya perubahan struktur bentuk rahim atau vagina istri Anda, dimana terjadi turunnya rahim ke vagina setelah melahirkan, yang dalam dunia kedokteran disebut dengan prolapsus Uteri.

Prolapsus uteri itu adalah suatu keadaan dimana posisi rahim turun dari tempat asalnya karena otot yang menyangga agar rahim tetap berada di tempatnya mulai melemah. 

Namun tentunya, istri Anda akan merasakan gejala lain yang menyertai kondisi ini, seperti;

  1. Perasaan seperti ada sesuatu yang menonjol atau ingin keluar dari vagina
  2. Rasa sakit di panggul dan pinggang. 
  3. Terjadinya sistokel, yakni turunnya kandung kemih ke dalam jalan lahir ( vagina ), sehingga mengakibatkan penderita sering terkencing - kencing namun sedikit - sedikit, penderita merasa kandung kemihnya tidak dapat dikosongkan, dan ketika ia batuk mengejan, maka urinnya akan keluar dengan sendirinya.
  4. Terjadinya  rektokel, yakni turunnya dinding depan rektum ( saluran tinja ) ke dalam vagina. yang dapat menyebabkan gangguan dalam buang air besar.

Adakah dari gejala disebutkan diatas yang dirasakan oleh istri Anda? Sayang sekali Kami tidak dapat menentukan penyabab mana yang menjadi alasan dari keluhan Anda jika hanya berdasarkan informasi yang Anda utarakan tersebut. Dibutuhkan lebih banyak informasi dari wawancara medis, pemeriksaan fisik, dan penunjang untuk menyakinnya. Untuk itu,kami sarankan istri Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan secara langsung.

Beberapa saran yang dapat Kami berikan untuk membuat hubungan seksual Anda lebih nyaman, adalah sebagai berikut:

  • Lakukan rangsangan seksual (foreplay) yang adekuat sebelum Anda melakukan penetrasi penis. Hal ini sedikit banyak juga akan berpengaruh pada ketegangan vagina. Rasa takut atau kekhawatiran dapat membuat vagina menjadi kaku dan kering sehingga mudah terbentuk luka. 
  • Lakukanlah hubungan intim dalam suasana yang santai dan nyaman. Kondisi rileks saat berhubungan akan membuat vagina menjadi lemas dan tidak terasa nyeri saat penetrasi. Semakin istri Anda merasa khawatir dan tidak rileks, semakin sulit penetrasi pada hubungan seksual dapat terjadi.
  • Gunakanlah lubrikasi tambahan untuk memudahkan penetrasi penis ke dalam vagina. Pilihlah pelumas yang lebih bersih dan steril untuk mencegah infeksi pada vagina istri Anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar