Sukses

Masuk Ke Dalam Ruangan Kemoterapi dan Penanganan Penyakit Jengger Ayam

21 Mar 2015, 22:01 WIB
Wanita, 28 tahun.

siang dok, saya mempunyai beberapa pertanyaan 1). apakah radiasi dari kemoterapi berbahaya bagi pengunjung yang masuk ke ruangan pasien yang sedang melakukan kemoterapi yang bisa mengakibat kan kemandulan bagi pengunjung (wanita, 28 tahun) karena saya khawatir saya belum menikah??? 2). bagaimana cara mengobati penyakit jengger ayam karena setiap BAB terasa sakit dan kadang2 berdarah dan harus konsultasi ke specialis dokter apa ??? thank mohon info nya dok

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Kemoterapi adalah suatu metode untuk membunuh atau menghambat perkembangan sel kanker dengan memasukkan zat-zat kimia tertentu ke dalam tubuh penderita kanker. Tujuan utama kemoterapi adalah menumpas sel kanker hingga bagian akarnya yang tidak dapat dijangkau oleh pisau bedah. Kemoterapi juga berfungsi sebagai pengontrol sel kanker supaya tidak berkembang biak secara liar.

Pada umumnya pasien yang sedang menjalani kemoterapi diruangan khusus kemoterapi tidak dapat dikunjungi oleh keluarga atau kerabat lainnya. Namun jika anda dapat masuk, maka sebenarnya kemoterapi tidak dapat menyebabkan kemandulan pada pengunjungnya seperti radioterapi yang menggunakan sinar radiasi yang memang dapat menyebabkan kemandulan jika terpapar dalam jumlah tinggi atau frekuensi yang sering.

Namun jika anda mempunyai keluarga yang sedang dalam terapi kemoterapi, maka anda perlu berhati-hati terhadap cairan tubuh penderita, misalnya muntah, urin, tinja, darah karena masih mengandung bahan kimia kemoterapi yang mempunya efek samping dapat menimbulkan kanker yang baru.

 

Sedangkan pertanyaan anda berikutnya, Jengger ayam atau kutil pada kelamin, dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah kondiloma akuminata, merupakan suatu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi Human Papilloma Virus (HPV). Pada sebagian kasus, kutil kelamin ini dapat menghilang dengan sendirinya tanpa pengobatan, namun dapat juga terus tumbuh dan membesar. 

Jengger ayam pada kelamin dapat diobati dengan beberapa pilihan pengobatan, antara lain dengan mengoleskan gel, salep atau krim pada jengger ayam tersebut, dengan cryosurgery, dengan laser,  atau dengan operasi kecil untuk mengangkat jengger ayam yang berukuran lebih besar. Dengan penanganan yang tepat maka kondiloma akuminata dapat disembuhkan, meskipun sering kambuh.

Efektivitas penanganan sangat bergantung pada ukuran dan juga metode penanganan. Penanganan dengan gel/salep/krim kemungkinan akan memberikan hasil yang lebih lambat pada ukuran jengger ayam yang lebih besar.

Kondiloma akuminata juga merupakan penyakit yang ditularkan lewat hubungan seksual. Selain itu Anda perlu memperhatikan agar melakukan hubungan seksual yang aman, tidak berganti-ganti pasangan dan melakukan hubungan seksual dalam hubungan pernikahan agar kondiloma akuminata tidak berulang atau terkena infeksi menular seksual lainnya.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar