Sukses

Mendapatkan Kesuburan

11 Nov 2014, 20:30 WIB
Wanita, 29 tahun.

pagi dokter, saya sudah 2 tahun menikah dan sampai sekarang blm mempunyai anak. secara keseluruhan semua kondisi rahim dan suami jg baik (sudah cek ke dokter kandungan) disarankan untuk mengkonsumsi profertil dan vitamin E 400 IU. berbahayaka dok? mohon solusi

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan, untuk obat Profertil mengandung klomifen sitrat yang diberikan untuk mengatasi infertilitas pada pasien yang mengalami gangguan menstruasi. Sedangkan vitamin E diberikan untuk meningkatkan kualitas sperma.

Hal yang perlu anda lakukan ialah melakukan hubungan intim saat masa subur, yaitu pada saat masa subur wanita. Untuk mengetahui masa subur, perlu diketahui siklus menstruasi selama 3-6 bulan terakhir. Siklus menstruasi diketahui dengan cara menghitung jarak hari dari hari pertama menstruasi hingga hari pertama menstruasi pada bulan berikutnya.

Untuk menghitung masa subur, dibutuhkan minimal pola menstruasi 3 bulan terakhir,misalkan pola menstruasi seseorang dari Januari hingga April adalah 31 hari, 28 hari, 33 hari. Kemudian dibuat rata-ratanya. Karena rata-ratanya menghasilkan 31 hari, maka masa suburnya (ovulasi) akan terjadi pada 15-16 hari sebelum hari pertama menstruasi yang akan datang bulan berikutnya. Anda memerlukan data, tanggal mesntruasi selama 3 bulan terakhir untuk menghitung masa subur Anda.

Anda dapat menghitung masa subur dengan merata-ratakan siklus ibu selama 3 bulan terakhir (lebih baik lagi dalam 6 bulan terakhir).
Contoh :
Siklus bulan Okt'14 28 hari, Nov'14 35 hari, Des'14 25 hari, maka rata rata siklus adalah:
(28 + 35 + 25)/3 = 28 hari

Masa subur berada pada H - 14 Hari Pertama Haid berikutnya plus minus 2 hari. Jadi apabila haid terakhir anda berada pada tanggal 6 Desember 2008, dengan siklus 28 hari maka anda akan mendapatkan menstruasi pada tanggal 3 Januari 2009.
Masa subur anda adalah hitung mundur 14 hari dari tanggal 3 januari 2009 sehingga jatuh pada tanggal 20 Desember 2008 (plus minus 2) sehingga masa subur anda berada pada tanggal 18 - 22 Desember 2008. Yang diperlukan untuk menyiapkan kehamilan adalah kondisi tubuh yang sehat disertai nutrisi seimbang. HIndari obat-obatan, rokok, dan alkohol, konsumsi makanan dengan nutrisi seimbang dan asupan asam folat 400 mikrogram/hari.

Demikian Informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar