Sukses

Hidung Bengkak Akibat Benturan

02 Feb 2015, 20:24 WIB
Pria, 17 tahun.

dok saya mau nanya bagaimana cara mengempeskan bengkak yang sudah mengeras di hidung akibat benturan,,

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Setiap jenis trauma pada hidung, seperti jatuh, dipukul atau menabrak hidung terhadap sesuatu yang keras dapat membawa rasa sakit dan bengkak. Hidung bengkok menunjukkan tulang hidung patah atau retak, biasanya disertai dengan perdarahan dan memar di sekitar hidung dan mata. Beberapa bahkan mungkin memiliki kesulitan bernafas. Ini adalah tanda-tanda bahwa Anda harus segera mencari bantuan medis. Sudahkah Anda memeriksakan diri kepada dokter?

Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan sementara untuk meringankan gejala tersebut;

  • Pertama-tama, jangan menusuk bagian hidung dengan jari atau benda apapun. Hal ini dapat menyebabkan perdarahan atau infeksi. Jangan meniup hidung Anda terlalu keras.
  • Jangan meletakkan apa pun di dalam hidung, seperti kapas.
  • Anda dapat memberikan kompres dingin pada daerah yang bengkak dengan menempelkan es yang dibungkus dalam sebuah tas zip-lock atau handuk pada hidung untuk mengurangi pembengkakan dan rasa sakit. Anda dapat melakukan ini selama 15-20 menit pada suatu waktu, hingga 3 kali sehari.
  • Meminum obat penghilang nyeri atau anti-inflamasi obat seperti parasetamol atau ibuprofen. Pastikan untuk meminum obat setelah makan sesuatu untuk mengurangi risiko iritasi lambung.
  • Gunakan bantal tambahan untuk mengangkat kepala Anda saat berbaring. Ini akan membantu mengalirkan lendir dan memungkinkan Anda untuk bernapas dan tidur lebih nyaman.
  • Hindari merokok atau minum alkohol yang dapat memperburuk gejala. Hindari menghirup debu, serbuk sari atau iritasi lain yang dapat memicu reaksi alergi.

Jika keluhan tidak juga teratasi atau Anda mengalami kesulitan dalam bernapas, kami sarankan Anda segera memeriksakan diri kepada dokter terdekat untuk penanganan segera.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar