Sukses

Nyeri Leher, Sulit Menelan; Gejala Hipertiroid?

21 Mar 2015, 22:09 WIB
Pria, 31 tahun.

Dokter yang saya hormati,saya mau tanya leher saya kanan kiri sakit apalgi klo ditekan berasa sktnya ditambh susah menelan dn nafas agak sesak..terkadang disertai nyeri dn detak jantung tk beraturan..apakah ini gejala hypertiroid?? Trus saya harus pergi ke dokter tht apa penyakit dalam dok .. mohon penjelasanya..terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kelenjar tiroid adalah bagian dari sistem endokrin yang berlokasi di leher bagian depan. Kelenjar ini menghasilkan hormon yang membantu mengkoordinasikan banyak fungsi tubuh sekaligus mempengaruhi pertumbuhan dan metabolisme. Hormon yang dikeluarkan kelenjar tiroid juga berperan dalam perkembangan normal organ seperti jantung dan otak, serta untuk fungsi reproduksi normal. Jumlah produksi hormon yang tepat penting pula untuk metabolisme tulang dan kalsium. Hormon yang diproduksi oleh kelenjar tiroid adalah tiroksin (T4) dan tri-iodothyronine (T3). Kadar kedua hormon ini yang terlalu tinggi atau terlalu rendah bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Pada orang dewasa, kadar TSH normal adalah 0,4-4,5 mIU/L. Kadar TSH yang berada di luar kisaran tersebut diklasifikasikan sebagai hipotiroidisme atau hipertiroidisme. 

Hipertiroid merupakan manifestasi atau gejala yang timbul akibat kelenjar tiroid yang hiperaktif. Terdapat beberapa penyebab hipertiroid, yaitu:

  1. Penyakit graves (tersering)
  2. Adenoma toksik
  3. Karsinoma tiroid
  4. Gondok multinodusa toksik
  5. Tiroiditis subakut
  6. Obat (yodium, litium), dan sebagainya.

Gejala hipertiroid dapat berupa;

  1. Mudah berkeringat
  2. Berat badan sulit naik
  3. Gemetar.

Kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke Dokter Spesialis Penyakit Dalam untuk memastikan diagnosa dan tata laksana terbaik dari kondisi yang ada. Keluhan nyeri pada leher dan sulit menelan yang anda rasakan bisa jadi diakibatkan oleh penyebab lain yang perlu dicari penyebabnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar