Sukses

Vaksinasi HPV

13 Feb 2015, 00:10 WIB
Wanita, 31 tahun.

Dok, sy ingin menanyakan soal vaksinasi HPV, tapi tidak tahu masuk kategori apa, soalnya tidak ada kategori umum. jd sy pilih kategori kanker ini, soalnya ada kaitan sama kanker jg. semoga tidak salah pilih :). Soal vaksinasinya, sy mau tanya kira2 sapa aja ya yg butuh vaksin HPV? pria perlu tidak? kisaran umur berapa seseorang disarankan utk vaksinasi HPV? kira2 biaya vaksinasi HPV skrg butuh biaya berapa? berapa lama sekali seseorang perlu melakukan vaksinasi HPV? Atas perhatian dan jawabannya saya ucapkan terimakasih.

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami akan mencoba menjawab pertanyaan Anda mengenai vaksinasi kanker serviks. Vaksinasi kanker serviks dikenal juga dengan vaksinasi human papiloma virus (HPV), yang merupakan cara pencegahan infeksi HPV yang merupakan faktor risiko utama penyakit kanker serviks. Infeksi ini menular lewat hubungan seksual, karena itu seksualitas perempuan pun menjadi salah satu faktor yang penting. Menurut Markowitz LE, Dunne EF dkk. dalam Recommendations of the Advisory Committee on Immunization Practices (ACIP), vaksinasi HPV secara rutin direkomendasikan untuk anak perempuan usia 11 dan 12 tahun, dan bahkan dapat dimulai pada usia 9 tahun. Bila belum mendapatkan atau menyelesaikan serial vaksinasi, dapat kemudian dikejar ketertinggalannya saat  usia 13 hingga 26 tahun. Namun, jika melihat cara penularannya yang melalui hubungan seksual memang vaksinasi HPV ini ideal diberikan sebelum perempuan aktif secara seksual. 

Sebenarnya ada banyak tipe HPV. Berdasarkan hasil penelitian diklasifikasikan menjadi tiga golongan (risiko tinggi, kemungkinan risiko tinggi, dan risiko rendah). Di antara tiga golongan tersebut, tipe HPV golongan risiko tinggi merupakan faktor penyebab utama kanker serviks, terutama tipe 16 dan 18. Mengacu pada fakta tersebut, dikembangkanlah vaksinasi HPV sebagai tindakan pencegahan primer kanker serviks (bukan terapi). Saat ini hanya terdapat dua jenis vaksin HPV yang beredar di pasaran: bivalent (untuk HPV tipe 16 dan 18) dan tetravalent/quadrivalent (untuk HPV tipe 16, 18, 6, dan 11). Vaksin jenis bivalent ditujukan untuk tipe HPV golongan risiko tinggi yang paling sering menyebabkan kanker serviks, sedangkan vaksin tipe tetravalent/quadrivalent juga ditujukan untuk tipe HPV 6 dan 11 yang seringkali menyebabkan kutil genital. Dari penelitian yang masih berjalan hingga kini, vaksin bivalent dapat memberikan efek proteksi minimal selama 53 bulan tanpa pemberian booster sedangkan vaksin quadrivalent minimal sekitar 36  bulan.

Vaksin ini sangat dianjurkan untuk semua wanita yang belum terinfeksi HPV. Dosis pemberian dibagi dalam 3 dosis: 0, 2 dan 6 bulan. Vaksin ini bisa didapat di RS atau klinik dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Mengenai biaya vaksin, kami tidak dapat memastikannya karena hal tersebut dapat bervariasi pada tiap-tiap fasilitas kesehatan, jadi kami sarankan Anda untuk langsung bertanya kepada fasilitas kesehatan terkait yang Anda pilih.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar