Sukses

Gatal Pada Luka

11 Nov 2014, 12:29 WIB
Pria, 44 tahun.

dok sebulan yang lalu kaki saya terkena minyak panas skrng udah mendingan , sebelum'a saya di kasih obat antibiotik cefadroxil dari puskesmas, stelah brbrp hari kemudian kaki saya terasa sangat gatal2 pada bagian luka stelah mengering , pada bagian gatal ada yang berair seperti lepuhan , dan bekas menjadi kulit parut/keloid skrng kulit masih kemerahan apa ini memang sering terjadi karna proses penyembuhan atau karana saya terkena alergi dari efek samping obat tersbut ? sblum 'a saya tidak pernah alergi obat. mohon penjelasan'a :) trimskasih

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Luka dan bekas luka yang terasa gatal dapat disebabkan karena rangsang gatal yang terpicu oleh proses penyembuhan luka. Lepuhan kulit yang muncul bisa diakibatkan luka bakar akibat minyak panas yang Anda alami. Untuk bekas luka yang sudah cukup lama, kemungkinan hal ini berkaitan dengan pembentukan keloid (jaringan bekas luka yang menimbul) atau dermatitis (peradangan kulit) di daerah sekitar bekas luka. Hal ini perlu dikonfirmasi oleh dokter dengan pemeriksaan fisik. Bila tanpa penyebab yang jelas, maka disimpulkan bahwa rasa gatal ini berkaitan dengan proses penyembuhan yang terjadi di sekitar jaringan luka. Untuk melihat apakah Anda mengalami alergi antibiotik tersebut juga perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung. menyeluruh dan jika diperlukan dilakukan pemeriksaan penunjang seperti tes cungkit kulit.

Pastikanlah Anda tidak menggaruknya. Untuk mengurangi rasa gatal, Anda dapat mengompres daerah luka dengan handuk hangat atau menggunakan bedak dingin atau bedak cair. 

Semoga keluhan Anda segera teratasi!

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar