Sukses

Gigi Berlubang

19 Nov 2014, 11:39 WIB
Pria, 22 tahun.

Dok gigi sy sdh di tambal 3,, pnybbx krn berlubang pdhl Sy sikat gigi rutin n teratur. Trs gigi ada yg mulai berlubang lg ... Sy berfikir kl di kawat bs mempengaruhi tdk trmksh...

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi.

Saya turut prihatin atas kondisi yang Anda alami. Gigi berlubang atau karies terjadi dikarenakan oleh pola makanan yang tidak baik serta kurang terjaganya kebersihan gigi dan mulut. Bila Anda telah rajin menyikat gigi namun tetap terserang karies maka perhatikan cara Anda menyikat gigi, apakah sudah benar dalam melakukannya atau belum. Rajin menyikat gigi namun tidak dilakukan secara benar maka tidak dapat mencapai kebersihan dari rongga mulut dan gigi  yang optimal sehingga beresiko terhadap karies atau terjadinya timbunan karang gigi.

Pada pasien yang menggunakan kawat gigi atau alat ortodonti dituntut harus lebih memperhatikan kebersihan rongga mulut dan giginya, karena alat ortodonti ini rentan untuk menyebabkan terjadinya timbunan sisa makanan dan plak yang beresiko terjadi karies. Pasien juga harus datang kontrol sesuai jadwal yang telah diatur oleh dokter giginya sehingga selain melakukan tahapan perawatan pada tiap kali kontrol ke dokter gigi, juga dapat memastikan kebersihan pada gigi dan rongga mulut pasien.

Demikian informasi yang dapat saya berikan semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar