Sukses

Anak Batuk Lama

11 Nov 2014, 10:04 WIB
Pria, 33 tahun.

anak saya umur 1 thn klo udara dingin batuk terus sampai muntah.Mnrt dokter anak terkena pnemonia lobaris, stlh 2x k RS kmi k dktr paru katanya terkena TB. Bgmn pengobatannya dok?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekahwatiran yang Anda rasakan.

Sudah berapa lama anak Anda batuk? Kondisi batuk yang sudah mendapat pengobatan dan namun tidak kunjung sembuh lebih dari 2 minggu dan kembali berulang disebut dengan batuk kronik berulang. Batuk kronik berulang dapat merupakan salah satu pertanda yang mengarah pada diagnosis asma. Banyak hal yang dapat menyebabkan terjadinya batuk kronik pada anak, antara lain infeksi saluran napas oleh virus atau bakteri, asma, alergi, hingga sinusitis dan tuberkulosis.

Apakah anak Anda sering batuk pada malam atau dini hari? Anak yang batuk terus menerus, terutama pada malam hari dan dini hari, harus dicurigai sebagai gejala awal dari asma.

Apabila anak Anda terdiagnosa dengan pneumonia lobaris maka akan sangat terlihat di pemeriksaan xray paru-paru. Untuk Tuberkulosis (TB) sangat sulit untuk didiagnosa pada anak-anak karena dibutuhkan beberapa bukti, jadi tidak bisa langsung diagnosa. Bukti dapat dicari dari pemeriksaan yang dapat terdiri dari pemeriksaan Mantoux, apabila anak sudah bisa mengeluarkan dahak maka bisa dilakukan pemeriksaan dahak, pemeriksaan rontgen paru, dan pemeriksaan darah. Serta adanya riwayat yang harus digali seperti adanya kontak dengan penderita TB (orang dewasa), nafsu makan yang berkurang, berat badan yang berkurang. 

Kami sarankan Anda membawa anak Anda ke dokter spesialis anak untuk memperoleh pemeriksaan penunjang yang tepat untuk mengetahui diagnosis pasti anak Anda. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar