Sukses

Mata Juling

11 Nov 2014, 12:50 WIB
Wanita, 18 tahun.

Dokter saya mengalami strabismus di kedua mata saya tetapi tidak konstan. Jadi mata kiri saya akan juling keluar ketika melihat ke jarak dekat, dan mata kanan saya akan juling keluar ketika melihat ke jarak jauh. Apakah harus diambil tindakan operatif ya dok? Apakah bisa diterapi saja? Kalau harus dilakukan tindakan operatif, apa saja risiko dari operasi strabismus dan bagaimana tingkat keberhasilannya? Dan rumah sakit mata apa saja yang berkompeten dalam melakukan operasi strabismus? Terima kasih Dokter.

Terima kasih atas pertanyaan Anda, 

Bila satu mata memandang ke arah suatu objek, mata yang lain akan memandang ke arah luar, ke dalam, ke atas, atau ke arah bawah. Hal ini dapat disebabkan oleh adanya kelainan saraf mata, kelemahan otot penggerak mata, ataupun karena kelainan pembiasan cahaya.

Deteksi dan Tangani Sedini Mungkin! Kondisi juling pada medis dikenal dengan istilah strabismus. Kondisi ini masih dapat ditangani jika di deteksi pada masa awal-awal pertumbuhan bayi. Karena pada masa ini, penglihatannya binokularnya belum terbentuk sempurna. Penanganan yang dilakukan dapat berbagai macam, dan sangat tergantung dari penyebab kondisi mata juling pada anak. Berikut paparan penanganan dan sebabnya: Bila dikarenakan kelemahan otot penggerak bola mata, dapat dilakukan operasi untuk memperbaikinya. Bila dikarenakan kelainan pembiasan cahaya dapat digunakan kacamata untuk memperbaiki mata yang juling. (Baca: Serba-serbi Mata Juling). Mata juling pun bisa disebabkan oleh karena adanya tumor di otak.  

Kami sarankan agar Anda melakukan pemeriksaan ke dokter specialis mata untuk mendapat penanganan yang tepat. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga membantu.

Salam,

Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar