Sukses

Menghilangkan Tanda Lahir

02 Feb 2015, 17:36 WIB
Wanita, 23 tahun.

2bulan yg lalu tanda lahir saya diberikan tindakan cauter karena mulai membesar dan terasa gatal. sekarang lukanya sudah kering dan terlihat tanda lahirnya muncul kembali ditepian luka. apa resikonya jika tanda lahir yg tumbuh baru itu tidak dihilangkan lagi?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Birthmark atau tanda lahir memang kerap terjadi. Secara definisi, tanda lahir merupakan kelainan kulit pada anak baru lahir (neonatus) dimana satu atau lebih komponen normal kulit dijumpai dalam jumlah berlebih. Komponen tersebut dapat berupa pembuluh darah, sel pigmen, folikel rambut, kelenjar keringat, atau komponen kulit lainnya.

Beberapa jenis tanda lahir dapat berupa hemangioma stoberi (pelebaran pembuluh darah), hemangioma kavernosus,port wine stain (pembuluh darah kapiler yang melebar, umumnya terlihat di bagian tengkuk atau muka) , bercak mongolian  (bercak rata berwarna biru, biru hitam, atau abu-abu dengan batas tegas), dan bercak cafe au lait (bercak seperti kopi susu). Tipe manakah tanda lahir Anda?

Tanda kelahiran ini tidak dapat dihilangkan sendiri. Kecuali dengan tindakan bedah/laser. Memang untuk jumlah frekuensi laser untuk menghilangkan tanda lahir sulit untuk kita prediksi, ada beberapa yang dapat hilang dengan 5x, ada yang hingga 10x jadi memang sulit untuk diprediksi, sebaiknya Anda kembali menyakan langsung ke dokter bedah plastik yang melakukan tindakan Anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar