Sukses

Nyeri Pada Pada Punggung Kaki dan Telapak Tangan Sering Kesemutan

18 Feb 2015, 17:17 WIB
Wanita, 45 tahun.

dok saya sering mengalami nyri kaki pada punggung kaki kanan saya dok, apakah itu berbahaya ? saya sering mengalaminya saat saya hendak berjalan. lalu telapak tangan saya sering kesemutan, bagaimana cara mengatasinya dok, mohon dibalas dok

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Nyeri pada punggung kaki merupakan kelianan yang tidak lazim ditemui. Kondisi ini dapat terjadi akibat gangguan pada kulit, otot, saraf, pembuluh darah, tulang, maupun sendiri pada area sekitar tersebut. Dibutuhkan informasi lebih lanjut untuk dapat menentukan penyebabnya.

Sedangkan Telapak Tangan Sering Kesemutan, dapat terjadi jika syaraf dan pembuluh darah mengalami tekanan, maka syaraf dan aliran darah terganggu. Umumnya kesemutan akan mereda jika bagian tubuh yang mengalaminya digerakkan. Jika keluhan kesemutan muncul setelah tidur pada sisi kanan/kiri, kemungkinan karena tangan Anda tertekan, cobalah tidur dengan posisi terlentang untuk menghindari tekanan pada bagian tubuh tertentu.

Penyebab lain dari kesemutan dapat terjadi akibat dari gangguan pada saraf tepi, otot, sumsum tulang belakang, atau bahkan otak. Penyebab kesemutan akibat penyakit lain diantaranya adalah diabetes melitus, Carpal Tunnel Syndrome, gangguan jantung, dan rematik. Carpal Tunnel Syndrome (CTS) adalah penyebab tersering gangguan syaraf pada tangan yang gejala utamnya adalah kesemutan dan nyeri, terutama pada 3 jari terluar (kelingking, jari manis, jari tengah). Salah satu faktor risiko CTS adalah gerakan tangan berulang seperti menggenggam/menyetir, mengetik, serta postur kerja statis dan tidak ergonomis.

Untuk sementara, Anda dapat mengkonsumsi multivitamin B kompleks untuk mengurangi keluhan. Apabila gejala tidak mereda setelah tangan dan kaki digerakkan, saya sarankan agar anda berkonsultasi dengan dokter spesialis syaraf untuk dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh. 

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar