Sukses

Gatal Pada Badan

10 Nov 2014, 17:26 WIB
Pria, 27 tahun.

Dok,kulit saya mudah sekali gatal2 kira2 sudah 1thn ini.bagaimana cara mengobatinya ya dok?

 

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Gatal-gatal pada kulit dapat disebabkan oleh banyak hal dan diagnosis pasti dari keluhan yang Anda rasakan tentunya memerlukan pemeriksaan fisik langsung.

Diduga penyebab gatal pada kulit dapat bermacam-macam, diantaranya:

  • Obat. Contohnya adalah antibiotik golongan penisilin, aspirin, obat-obatan hormonal, vaksinasi, pil kontrasepsi, dll.

  • Makanan. Contohnya adalah susu, keju, telur, gandum, ikan, ayam, dll. Zat pewarna, penyedap rasa atau bahan pengawet juga dapat menimbulkan urtikaria.

  • Lingkungan. Terpapar dengan debu rumah, jamur, perubahan temperatur, serbuk sari bunga, dll.

  • Stress. Pada urtikaria yang berulang, faktor emosional perlu diperhatikan. Stress emosional dapat secara langsung dan tidak langsung menyebabkan seseorang meningkat kemungkinan terjadi urtikaria.

  • Penyakit sistemik. Beberapa penyakit dan keganasan dapat menimbulkan urtikaria. Beberapa penyakit sistemik yang sering disertai urtikaria antara lain limfoma, hipertiroid, Lupus Eritematosus Sistemik, dll.

  • Gigitan serangga. Gigitan serangga dapat menimbulkan urtikaria setempat. Nyamuk, lebah dan serangga lainnya menimbulkan urtikaria bentuk papul di sekitar tempat gigitan, biasanya sembuh sendiri.

  • Infeksi. Infeksi jamur atau parasit dapat menyebabkan kulit terasa gatal.

Untuk mengatasi gatal-gatal/ biduran yang terpenting adalah menhindari pencetus. Jika penyebabnya karena udara dingin maka Anda perlu menggunakan baju hangat bila di wilayah yang dingin atau jika ruangan Anda terlalu dingin, Anda bisa mencoba untuk meminta perpindahan tempat ke yang sedikit lebih hangat. Konsumsilah makanan hangat untuk meningkatkan suhu badan. Bagaimana dengan pakaian Anda? Pakailah pakaian yang menutup badan untuk mengurangi paparan dingin terhadap kulit Anda. 

Pada dasarnya pengobatan alergi ditujukan untuk mencegah terjadinya gejala alergi, dan sebenarnya untuk mencegah dan menyembuhkan gejala alergi yang paling efektif adalah dengan mengendalikan faktor pencetusnya. 

Hidup dengan alergi memang bukan sesuatu yang mudah, namun bukan berarti tidak dapat diatasi. Berolah raga teratur juga dapat membantu mengatasi alergi sehingga lebih terkontrol. 

Selain deskripsi yang lengkap, untuk mengetahui diagnosis penyakit kulit diperlukan pemeriksaan fisik secara langsung. Untuk itu kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk pemeriksaan fisik langsung dan penanganan yang optimal. Selain itu mengingat kondisi Anda yang baru melahirkan dan tentunya sedang menyusui, diperlukan penyesuaian obat-obatan sehingga Anda tidak bisa sembarangan minum obat.

Berikut kami berikan artikel yang dapat menambah informasi Anda:

Urtikaria


Demikian informasi yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar