Sukses

Memar Yang Hilang Timbul

18 Mar 2015, 19:42 WIB
Pria, 37 tahun.

selamat sore...... saya mau tanya mengenai anak saya yang sering ada bercak berwarna hitam semacam memar tapi tidak sakit, itu muncul sewaktu-waktu tanpa ada sebab, yang mau saya tanyakan apa penyebabnya sehingga timbul bercak seperti itu? karena sy juga pernah dengar bahwa kasus seprti itu kemungkinan ada penyakit yg di hidap pada penderita tersebut, apakah betul seperti itu? mohon penjelasannya, trima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Yang pertama harus dilakukan adalah memastikan keluhan bercak hitam tersebut. Apabila benar adalah memar, maka penyebab yang sering terjadi adalah penyakit Idiopatik Trombositopenia Purpura.

Idiopatik Trombositopenia Purpura (ITP) adalah penyakit autoimun yang menyebabkan penurunan jumlah trombosit karena sebab yang tidak diketahui. Bagi anak yang memiliki ITP, semua sel darah normal kecuali trombosit. Hal ini disebabkan karena meningkatnya penghancuran trombosit oleh antibodi tubuh.

ITP pada anak-anak umumnya didahului oleh infeksi virus. ITP pada anak umumnya ringan dan tidak memerlukan terapi. 80% ITP pada anak akan sembuh dalam waktu 6 bulan, kebanyakan dalam waktu 1-2 bulan. Apabila sudah berlangsung > 6 bulan maka dikatakan sebagai ITP kronik. ITP kronik jarang terdapat pada anak-anak (20%).

Pengembalian kadar trombosit akan terjadi perlahan-lahan dalam waktu 2-4 minggu dan paling lama 6 bulan. Pada ITP dengan kadar trombosit > 30.000 dan tidak memiliki keluhan umumnya tidak akan diberikan terapi, hanya diobservasi saja. Pada kasus anak bapak dimana trombosit < 20.000 dengan perdarahan mukosa atau ITP dengan trombosit < 10.000 membutuhkan terapi spesifik.

Untuk memastikan kondisi tersebut kami menyarankan Anda memeriksakan anak anda kepada dokter spesialis anak terdekat.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar