Sukses

Sering Pusing Disertai Mual Dan Muntah

02 Feb 2015, 17:31 WIB
Wanita, 15 tahun.

Sring pusing disertai mual dan muntah. Belakangan mau 4 hari sekali, sudah 3 dokter spesialis saraf, 1 dookter p dalam, 1 dokter tht dan 1 dokter tulang saya berobat, namun tak kunjung hilang penyakit saya ini, tolong dokter bantu saya, ya !?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi di Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Berdasarkan keluhan yang Anda paparkan, kami menduga keluhan tersebut disebabkan oleh vertigo. Vertigo ialah adanya sensasi gerakan atau rasa gerak dari tubuh seperti  rotasi (memutar) tanpa adanya perputaran yang sebenarnya, dapat sekelilingnya terasa berputar (vertigo objektif) atau badan yang berputar  (vertigo subjektif). 

Vertigo termasuk kedalam gangguan keseimbangan yang dinyatakan sebagai pusing, pening, sempoyangan, rasa seperti melayang atau dunia seperti berjungkir balik. 

Vertigo dapat disebabkan oleh kelainan di dalam telinga, di dalam saraf yang menghubungkan telinga dengan otak dan di dalam otaknya sendiri. Vertigo juga dapat berhubungan dengan kelainan penglihatan atau perubahan tekanan darah yang terjadi secara tiba-tiba. Namun secara umum, penyebab timbulnya vertigo dapat bermacam-macam dari keadaan yang ringan hingga keadaan berat, secara garis besar meliputi:

  1. Keadaan lingkungan; - Motion sickness (mabuk darat, mabuk laut)
  2. Obat-obatan ; - Alkohol,  Gentamisin
  3. Kelainan sirkulasi ; - Transient ischemic attack (gangguan fungsi otak sementara karena berkurangnya aliran darah ke salah satu bagian otak) pada arteri vertebral dan arteri basiler
  4. Kelainan di telinga ;- Endapan kalsium pada salah satu kanalis semisirkularis di dalam telinga bagian dalam       (menyebabkan benign paroxysmal positional vertigo), Infeksi telinga bagian dalam karena bakteri, Herpes zoster, Labirintitis (infeksi labirin di dalam telinga),  Peradangan saraf vestibuler, Penyakit Meniere
  5. Kelainan neurologis/saraf ; Sklerosis multipel, Patah tulang tengkorak yang disertai cedera pada labirin, persarafannya atau keduanya, tumor otak,  Tumor yang menekan saraf vestibularis.

Pengobatan tergantung kepada penyebabnya. Beberapa terapi yang dapat diberikan adalah terapi dengan obat-obatan, terapi fisik / latihan dan olah raga. Dan jika kedua terapi di atas tidak dapat mengatasi kelainan yang diderita dianjurkan untuk terapi bedah.

Obat-obatan yang biasanya digunakan adalah

  1. Antikolinergik / parasimpatolik
  2. Antihistamin. Betahistin merupakan obat golongan antihistamin yang digunakan pada pengobatan vertigo. Penggunaan obat ini dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti mual dan muntah, gangguan lambung hingga terjadi tukak, serta ruam kulit. 
  3. Penenang minor dan Mayor
  4. Simpatomimetik
  5. Kombinasi tersebut di atas.

Dampak vertigo tentunya juga tergantung dari penyebab atau kondisi yang mendasari timbulnya vertigo. Oleh sebab itu, kami sarankan Anda kembali berkonsultasi dengan dokter spesialis saraf untuk pemeriksaan lebih lanjut apa yang menjadi penyebab vertigo Anda sehingga Anda mendapat terapi yang optimal.

Berikut adalah artikel yang dapat menambah informasi tentang vertigo:

Vertigo dan Mengenal Vertigo.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar