Sukses

BAK Tidak Tuntas

18 Mar 2015, 19:55 WIB
Pria, 21 tahun.

Dok, saya memiliki keluhan buang air kecil tidak nyaman. sering terasa masih tersisa/tidak habis, terkadang sakit di bagian dalam(daerah kandung kemih?). selain itu tidak ada kelainan warna kencing. setelah saya cari tahu lewat internet, gejalanya mirip dengan BPH, dan kebetulan saya juga tidak nyaman ketika BAB. Mungkinkah saya menderita BPH? Bagaimana cara mengujinya? bagaimana membedakannya dengan kanker prostat?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Pada usia muda seperti Anda saat ini, gangguan prostat bukan merupakan dugaan penyebab pertama. Rasa tidak tuntas saat mau buang air kecil/anyang-anyangan dapat mengarahkan kemungkinan infeksi saluran kemih. Untuk menegakkan diagnosis perlu dilakukan pemeriksaan fisik langsung dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan seperti pemeriksaan urin.

Kami sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter untuk tatalaksana yang optimal. Apabila benar terdapat infeksi saluran kemih, maka dokter akan memberikan pengobatan antibiotik, serta mengevaluasi penyebab dasarnya untuk mencegah kekambuhan, apakah karena kurang minum, sering menahan kemih, infeksi kemaluan, batu saluran kemih, dsb. Adapun yang dapat Anda lakukan sendiri sebagai tindakan pencegahan adalah:

  • konsumsi air putih dalam jumlah banyak setiap harinya (lebih kurang 1,5-2 liter/hari)
  • hindarilah kebiasaan menahan kemih
  • jagalah kebersihan daerah kemaluan

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar