Sukses

Menurunkan Kadar Trigliserida

18 Mar 2015, 20:47 WIB
Pria, 43 tahun.

Hasil lab Prodia saya pada tanggal 06/11/2014 sebagai berikut : koresterol total 170 <200, LDL 115>100 HDL 32<40 Trigriselida 161>150 Pertanyaan saya : Makanan apa yang tidak boleh dan yang boleh khususnya untuk menurunkan TRIGLISERIDA termasuk buah apa yang boleh dan tidak boleh

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Untuk memperbaiki profil trigliserida, Anda perlu menerapkan pola hidup sehat dengan makan makanan dengan pola gizi seimbang, berolahraga. Hindari makan gorengan karena akan mempengaruhi profil lipid (lemak) dalam darah Anda, untuk itu Anda perlu menguranginya.

Menurut American Heart Association, kadar trigliserida terangkum melalui tabel di bawah ini :

Level mg/dL Level mmol/L Interpretasi
<150 <1.69 Normal, risiko rendah
150-199 1.70-2.25 Ambang batas tinggi
200-499 2.26-5.65 Tinggi
>500 >5.65 Sangat tinggi, risiko tinggi

Kadar trigliserida yang dipercaya didapatkan setelah puasa 8-12 jam sebelumnya. Apakah Anda puasa saat melakukan pemeriksaan tersebut? Kadar trigliserida yang tinggi dapat berperan dalam proses terjadinya aterosklerosis (penyumbatan pembuluh darah), penyakit jantung, dan stroke.

Untuk menurunkan kadar trigliserida, yang dibutuhkan adalah mengurangi konsumsi lemak, alkohol, dan karbohidrat. Selain itu, olahraga aerobik atau olahraga yang membakar lemak perlu dilakukan. Kadar trigliserida tinggi juga dapat dikurangi dengan mengonsumsi omega-3 yang banyak bersumber dari ikan.

Berikut kami sertakan beberapa artikel yang dapat memberikan informasi lengkap bagi Anda:

Saat ini lakukanlah perubahan pola hidup menjadi lebih sehat dalam 3 bulan ke depan kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan profil lipid lengkap ulangan. Jika tidak ada perubahan atau semakin meningkat maka kami sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang sekiranya diperlukan.

Kami sertakan juga artikel-artikel berikut:

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar