Sukses

Mengatasi Anak Sulit Makan

30 Jan 2015, 03:38 WIB
Wanita, 24 tahun.

mau tanya dok, anak sy menginjak usia 12bln dan sdh bisa jalan susah makan, terutama sayur2an dan minum susu jg susah, sdh sy ganti sampai 3 merek susu tp msh susah, krn faktor apa y dok? kira2 ada enggak y vitamin penambah nafsu mkn yg aman untuk usia 12 bln ke atas. terima kasih

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi di Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran Anda terhadap kondisi anak Anda. Perlu diingat bahwa nafsu makan anak 'badut' (bawah dua tahun) umumnya mulai berkurang, tapi hal itu normal dialami. Namun, perilaku anak yang tidak mau makan bukan hanya berarti anak kehilangan selera makan. Yang mungkin terjadi adalah anak sedang menempatkan diri dalam diet pemeliharaan tubuh. Hal ini dikarenakan kenaikan berat badannya saat ini tidak secepat di bawah usia 1 tahun. Apabila anak ibu sangat doyan makan, kemungkinan yang terjadi malah anak ibu menjadi berlebihan berat badan atau obesitas. Namun, perlu diperhatikan agar anak tetap mendapatkan nutrisi yang mencukupi. Untuk itu, perlu dilakukan pengaturan pola makan anak.

Pemberian makan pada anak 'badut' (bawah dua tahun) adalah dengan waktu seperti bayi (usia kurang dari 1 tahun), yaitu setiap 3 jam.

  1. Sebaiknya susu hanya diberikan pagi dan malam sebelum tidur
  2. Pukul 9-10 pagi berikan buah/jus buah
  3. Siang hari berikan nasi lembek dengan sayur dan daging cincang, dan
  4. Sore hari berikan roti dengan jus buah atau nasi lembek.

Buat suasana makan yang menyenangkan bagi anak. Sajikan makanan yang cukup bervariasi kepada anak, ikan, daging merah, sayur-sayuran, dan buah-buahan, sehingga anak tidak bosan. Kurangilah makanan-makanan "jajanan" yang membuat kenyang tapi tapi tidak memiliki kandungan nutrisi yang baik (empty calories) Buatlah suasana yang menimbulkan anggapan bahwa makan adalah sesuatu yang menyenangkan. Jangan cepat menyerah jika anak tidak menyukai makanan yang kita tawarkan. Coba ulangi lagi dengan suasana yang berbeda. Selain itu, coba biarkan anak makan sendiri.

Di luar hal-hal tersebut, defisiensi atau kurangnya asupan vitamin, khususnya kompleks vitamin B (penting dalam metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak) dan vitamin C, dapat mengakibatkan penurunan nafsu makan. Sebetulnya vitamin tidak memiliki efek pada nafsu makan tapi membantu tubuh dalam menggunakan atau menyerap nutrien dari makanan. Karena itu, dengan mengembalikan keseimbangan vitamin dalam tubuh, nafsu makan dapat meningkat. Jika keseimbangan vitamin belum dapat dicapai dengan makanan yang sehari-hari dimakan, dapat dibantu dengan pemberian suplemen multivitamin. Seperti yang telah disebutkan di atas, multivitamin tersebut terutama harus mengandung kompleks vitamin B dan vitamin C, selain vitamin A, D, dll. Untuk anak di atas 1 tahun, multivitamin dalam sediaan sirup cukup diberikan 1 sendok sehari.

Selain hal-hal di atas Anda juga perlu memperhatikan waktu istirahat anak karena apabila anak terus menerus bermain tanpa istirahat atau tidur siang, akan sulit menaikkan berat badan karena metabolisme tubuh akan bekerja sempurna ketika anak sedang tidur. Pertumbuhan sangat dipengaruhi dengan faktor genetik dan lingkungan (nutrisi, hormonal, dan psikologis). Tetaplah kreatif mengolah & menyajikan makanan, bina komunikasi yang baik, terus belajar menjadi orangtua & memahami kondisi anak, serta bersabar. Untuk melengkapi kebutuhan anak Anda akan gizi yang cukup dan sesuai dengan usianya, Anda dapat berkunjung ke halaman website kami di: jadwal makan bayi.

Untuk panduan informasi lengkap Anda mengenai tumbuh kembang anak, Anda dapat mengunjungi Rubrik Tumbuh Kembang yang kami miliki, Anda juga dapat berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis anak Anda untuk dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung.

Berikut i sertakan beberapa artikel untuk menambah pengetahuan Anda :

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi ini bermanfaat

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar