Sukses

Nifas Lama

20 Mar 2015, 13:46 WIB
Wanita, 21 tahun.

assalamualaikum dok. Mau tanya, saya baru melahirkan anak pertama saya. Sekarang usia anak saya 57 hari. Yang saya tanyakan kenapa nifas saya kok belum berhenti juga ya dok padahal udah mau 60 hari. Kata sanak keluarga, maks 40 hari nifas udah berhenti. Riwayat ibu saya, melahirkan anak pertama masa nifasnya 1 minggu, anak kedua masa nifasnya 2 minggu. Saja jadi kawatir dok. Apakah ada yang salah dengan rahim saya atau gimana? Sekian pertanyaan saya dok. Terima kasih. Saya tunggu jawabannya.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Masa nifas umumnya berakhir sekitar 40 hari setelah proses persalinan. Berakhirnya masa nifas ditandai dengan berhentinya perdarahan yang keluar dari vagina Anda. 

Adapun darah nifas yang keluar sebenarnya dibedakan menjadi 4 tahap yang secara berurutan, yaitu:

  • lokia rubra ( berwarna merah berisi darah segar, jaringan sisa plasenta, dsb) sekitar 1 minggu.
  • lokia sanguelenta (berwarna merah dan berlendir) sekitar 1-2 minggu
  • lokia serosa (berwarna kekuningan) selama 2 minggu, dan
  • lokia alba (berwarna putih biasa dan bening) sekitar 6 minggu. Lokia alba merupakan darah nifas yang terakhir keluar, menandakan tahap pemulihan dan hampir berakhirnya masa nifas.

Pada beberapa perempuan ( 13%), lokia dapat keluar hingga 60 hari setelah melahirkan. Apakah Anda mengalami tahapan masa nifas tersebut?

Mengenai masa nifas Anda yang lama, sebaiknya Anda segera kontrol ke Dokter Kebidanan Anda untuk dapat diperiksa, yang ditakutkan masih ada sisa jaringan pada saat Anda bersalin, sehingga terjadi perdarahan yang tidak berhenti-berhenti. Hal ini dapat mengakibatkan kondisi Anda akan makin menurun.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar