Sukses

Cara Menegakkan Diagnosis Hepatitis B

02 Feb 2015, 15:19 WIB
Wanita, 25 tahun.

Bagaimana cara menegakkan diagnosis HepB? Apakah dengan cek HbSAg saja sudah cukup? Apabila hasil HbSAg reaktif apakah sudah pasti Hepatitis B?Lalu bagaimana cara pengobatannya? Apakah ronsen thorax dapat mengetahui kondisi hepar (sirosis)?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Hepatitis B Surface Antigen (HBsAg) merupakan salah satu pemeriksaan yang biasanya dilakukan untuk mendeteksi apakah terdapat infeksi hepatitis B akut dan kronik. Apabila hasilnya  positif, maka pada umumnya orang tersebut menderita hepatitis B kronik, dimana nilai HBsAg akan tetap positif setelah jangka waktu beberapa bulan pada 5-10% pasien yang mengalami infeksi hepatitis B.

Sebagian besar orang dengan hepatitis B tidak memerlukan pengobatan yang khusus selain beristirahat dan mereka akan sembuh secara utuh. Namun Pada infeksi hepatitis B kronis, terdapat peningkatan risiko terjadinya sirosis dan kanker hati, sehingga perlu mendapatkan pengobatan antivirus (interferon) secara intensif oleh dokter spesialis yang kompeten.

Apabila infeksi VHB bertahan lebih dari 6 bulan (infeksi hepatitis kronik), dapat diberikan obat antivirus yang disebut interveron alfa. Pengobatan ini bertujuan untuk mengurangi risiko terjadinya sirosis hati dan kanker hati

Untuk Informasi lebih lanjut mengenai hepatitis B dapat Anda baca dengan mengakses URL Link Hepatitis B

USG Abdomen atau perut merupakan pemeriksaan yang lebih dipilih untuk melihat kondisi Hati. Kami sarankan agar Anda berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis penyakit dalam untuk penanganan lebih lanjut.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar