Sukses

Pemberian Susu Kedelai Pada Bayi Lak-laki

20 Mar 2015, 15:42 WIB
Pria, 0 tahun.

ada info bahwa pemberian susu kedelai pada bayi laki-laki menyebabkan peningkatan hormon perempuan sehingga dapat berefek kecenderungan feminin pada anak laki-laki..sekarang ini anak saya dibantu susu formula jenis susu kedelai..bgm tanggapan dokter ?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Susu kedelai memang memiliki molekul yang berikatan dengan reseptor estrogen (hormon feminisasi pada perempuan), sehingga memiliki efek seperti estrogen namun lemah. Karena efeknya lemah maka efeknya terhadap feminisasi pada anak laki-laki tidak dapat dibuktikan. Malahan, karena efeknya lemah, molekul ini dapat bersifat anti-estrogen sehingga ada dugaan bahwa di masa depan dapat mengurangi risiko kanker payudara pada anak perempuan. Pada anak laki-laki pun diduga dapat menurunkan risiko kanker prostat di masa depan. Namun, kesimpulan ini memang masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Telah banyak jumlah generasi yang mengkonsumsi susu kedelai dan hingga saat ini belum ada bukti bahwa konsumsi susu kedelai membawa efek buruk bagi kesehatan. Namun, segala sesuatu yang berlebihan atau kurang adalah tidak baik. Maka, pada prinsipnya, pastikan segala konsumsi makanan bergizi tetap seimbang, tidak berlebihan dan tidak juga kurang, termasuk konsumsi susu kedelai.

Konsumsi susu kedelai tersebut 1-2 gelas saja setiap hari dan tidak berlebihan tentunya aman bagi anak laki-laki maupun perempuan.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar