Sukses

Tangan Kebas, CIDP?

26 Jan 2015, 12:18 WIB
Pria, 52 tahun.

Kaki dan tangan kanan saya sudah mengalami kebas selama 11 bulan terakhir. Menurut yg saya baca ini merupakan gejala CIDP. Bbrp hr yg lalu saya kerja terlalucape dan tiba" tangan dan kaki knan saya tidak bsa jalan lancar. Apakah ini berhubungan dgn cidp? Thx

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kebas atau mati rasa pada tangan yang Anda rasakan dapat dilatarbelakangi oleh beberapa hal sebagai berikut :

  • Diabetes Mellitus (kencing manis)
  • Neuropati (gangguan pada saraf tanpa sebab yang jelas)
  • Carpal Tunnel Syndrome (gangguan yang disebabkan karena adanya gerakan berulang-ulang atau paparan getaran secara konstan di bagian tangan, seperti pekerja pabrik, atlit atau pengendara motor)

Mengenai pertanyaan Anda mengenai CIDP, CIDP adalah penyakit yang serupa dengan lupus karena sama-sama melibatkan sistem kekebalan tubuh. Namun tidak seperti penyakit Lupus yang sudah mulai dikenal masyarakat banyak, CIDP masih banyak menimbulkan tanda tanya, bahkan pada pasien dan dokternya sendiri. CIDP adalah kependekan dari Chronic Immune Demyelinating Polyneuropathy.

-‘chronic‘ merujuk pada sifat penyakit yang menahun; 
-‘inflammatory‘ atau ‘immune‘ merujuk pada kenyataan bahwa penyakit pada syaraf ini diakibatkan oleh peradangan dan daya tahan tubuh yang mbalelo.
-‘demyelinating‘ berarti bahwa kerusakan terutama terjadi pada lapisan myelin yang seharusnya melindungi serabut saraf; dan
-‘poly[radiculo]neuropathy‘; ‘poly‘ berarti banyak, [‘radiculo‘ berarti pangkal,] ‘neuro‘ berarti syaraf dan ‘opathy‘ berarti penyakit; jadi poly[radiculo]neuro-pathyartinya penyakit di pangkal syaraf dan serabutnya (percabangan syaraf tulang belakang)

Wajar kalau CIDP menimbulkan tanda tanya, karena penderitanya begitu langka, bahkan dari survey yang diadakan, hanya 75 sampai 250 orang terkena CIDP per tahunnya.

Gejala CIDP sendiri sangat samar dan mirip dengan gejala penyakit lain, sehingga diagnosanya sulit dan memakan waktu. Gejala-gejala awal penyakit ini antara lain perasaan kesemutan dan ditusuk-tusuk jarum pada tangan dan kaki, dengan perkembangan penyakit yang sangat lambat sebelum akhirnya menjadi akut. Selain merasa kesemutan, pasien kebanyakan juga merasakan lemas pada lengan dan kakinya, seolah dibanduli dengan pemberat dan terasa kaku. Rata-rata gejala ini muncul sekaligus, walau pada beberapa kasus ada yang hanya lemas saja, dan beberapa kasus yang lebih jarang lagi, hanya ditandai dengan rasa kesemutan saja.

Gangguan rasa kesemutan ini berlanjut bahkan hingga mencapai tingkat yang menyakitkan secara lambat. Bisa berminggu-minggu, berbulan-bulan bahkan pada kasus yang jarang, bisa mencapai tahunan. 

Penyebab penyakit ini belum ditemukan. Ada yang berusaha mencari hubungannya dengan zat mengandung racun seperti insektisida atau pelarut cat, ada juga yang menghubungkannya dengan imunisasi, atau akibat dari infeksi yang baru saja dilewati. Perlu ditekankan kalau penyakit ini tidak menular atau ditularkan, dan bukan juga penyakit keturunan. Dan walaupun penyakit ini menyangkut syaraf, penyakit ini sebetulnya bukan penyakit syaraf psikiatris.

Pasien CIDP kebanyakan wanita walaupun ada juga sedikit yang pria. Penyakit ini biasanya berawal pada usia muda dewasa. 

 

Kami tidak dapat menentukan penyebab keluhan Anda tanpa melakukan pemeriksaan fisik langsung. Kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis saraf agar penyebab kebas dapat diketahui, karena tanpa wawancara medis, pemeriksaan fisik secara langsung dan pemeriksaan penunjang yang memadai suatu diagnosa tidak dapat disimpulkan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar