Sukses

Haid Tidak Teratur dan Keputihan

10 Nov 2014, 12:01 WIB
Wanita, 24 tahun.

Saya mau bertanya, haid saya tidak teratur sudah beberapa bulan ini. Siklus mens 2minggu setelah tabggal mens sebelumnya. Bulan kemarin hanya 2 hari darah yg keluar tidak banyak. Selanjutnya hanya flek berwarna coklat muda. Saya juga mengalami keputihan encer berwarna putih susu. Yg mau saya tanya, bagaimana cara penanganan masalah haid dan keputihan saya. Apakah ada obat nya? Terimakasih

Ibu/Saudari yang Terhormat.

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

 

Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 2-8 hari, keluarnya darah haid berkisar 20-60 ml per hari.

Bagaimana dengan siklusnya? Apakah teratur setiap bulannya? 

Jika haid Anda datang teratur maka sebenarnya Anda tidak perlu terlalu khawatir dengan haid Anda karena haid termasuk normal. Jika lebih banyak tidak teratur, maka perlu diperhatikan lebih lanjut.

 

Siklus menstruasi yang tidak teratur umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

  • pada 3-5 tahun pertama setelah menstruasi pertama
  • perempuan dengan gangguan makan (seperti anoreksia nervosa, bulimia)
  • perempuan dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30
  • stres psikologis
  • atlit
  • kekurangan vitamin K
  • penggunaan obat-obatan tertentu
  • kelainan pembekuan darah
  • gangguan hormon tiroid, dsb

Apakah ada dari faktor-faktor di atas yang Anda alami?

Keputihan dapat timbul dari berbagai keadaan, yaitu secara normal/fisiologis dan secara patologis. Keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi akibat perubahan hormonal, seperti saat menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Sedangkan keputihan patologis adalah keputihan yang timbul akibat kondisi medis tertentu dengan penyebab tersering adalah akibat infeksi parasit/jamur/bakteri. 

Cairan vagina normal memiliki ciri-ciri antara lain warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan. Sejauh sifat dari keputihan yang Anda alami seperti ini, maka masih fisiologis.

Ketika cairan yang keluar dari vagina sudah mengalami perubahan warna (menjadi putih susu, keabuan, hingga kehijauan), berbau, banyak dan disertai keluhan lain (seperti gatal, panas, dll) menunjukkan bahwa telah terjadi keputihan abnormal yang umumnya disebabkan karena infeksi pada saluran reproduksi oleh berbagai kuman, jamur ataupun parasit.

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

Demikian informasi yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat. (JF)

 

Salam sehat selalu,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar