Sukses

Merencanakan Kehamilan
17 Mar 2015, 13:59 WIB
Wanita, 23 tahun.

Malam dok... sy rosdiana, sy belum menikah. Yg sy mau tanyakan apa prenagen esensis untuk susu hamil pra nikah? Kata tmn sy susu esensis ini baik diminum 3 bulan sebelum nikah. Apakah benar? Trus ada efeknya ga? Baik pada saat haid ato tdk.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda. 

Hingga seorang Ibu melahirkan maka Ibu tetap harus menjaga asupan nutrisi yang baik bagi Ibu dan juga bayi yang dikandung, bahkan sejak dalam perencanaan. 

Jika Anda berencana akan menikah dan mempersiapan kehamilan, Pada prinsipnya adalah Anda perlu mendapat asupan nutrisi yang cukup selama kehamilan nanti. Cara terbaik adalah dengan makan makanan yang seimbang, terdiri dari sumber karbohidrat (nasi, roti, ubi), protein (ikan, daging, kacang-kacangan), lemak (minyak, lemak daging, santan), sayur-sayuran, dan buah-buahan.  Konsumsi susu untuk perencanaan kehamilan perlu mencakup nutrisi lengkap tersebut, untuk itu sebaiknya anda lebih bijaksana ketika memilih produk susu yang Akan anda gunakan. Diskusikan lah dengan dokter kandungan anda mengenai kebutuhan susu tersebut.

Asam folat merupakan salah satu nutrisi yang diperlukan oleh ibu hamil. Jenis vitamin B ini sangat bermanfaat untuk pembentukan tabung saraf yang akan berkembang menjadi otak dan tulang belakang bayi. Kekurangan asam folat, terutama selama kehamilan trimester pertama dapat menyebabkan bayi mengalami suatu keadaan yang disebut neural tube defect (NTD), dimana otak dan/atau tulang belakang bayi tidak dapat terbentuk secara sempurna.

Dosis asam folat yang dianjurkan minimal 400 mikrogram/hari pada perempuan yang tidak hamil, sedangkan ibu hamil memerlukan minimal sekitar 600 mikrogram/hari (50% lebih banyak dibandingkan perempuan yang tidak hamil). Dosis ini dapat ditambah menjadi 800 mikrogram/hari hingga 5 mg/hari sesuai pertimbangan dokter. 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar