Sukses

Apakah anak saya terkena campak?

15 Nov 2014, 20:15 WIB
Pria, 33 tahun.

Saya punya anak usia 5 tahun, berat 26 kg, tinggi 115. anak saya terkena demam tinggi 38-39,8 derjat, wajahnya sedikit bengkak dan memerah, apakah itu tanda anak saya terkena campak/kerumut? bagaimana menanganinya? karena anak saya belum pernah divaksin campak sebelumnya. terima kasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Campak adalah suatu penyakit infeksi virus, yang ditandai dengan gejala awal berupa demam, batuk, pilek, mata merah dan berair, diikuti dengan ruam kulit yang khas yang muncul pada hari ketiga hingga hari ketujuh. Pada demam hari keempat, muncul bercak-bercak merah, yang dimulai pada kepala daerah perbatasan dahi rambut, di belakang telinga, dan menyebar ke bawah hingga muka, badan, dan mencapai kaki pada hari ketiga sejak timbul ruam kulit tersebut. Kemudian ruam kulit ini perlahan-lahan menghilang dengan urutan sesuai urutan muncul, dengan warna sisa coklat kekuningan atau kulit mati terkelupas ringan. Secara keseluruhan ruam akan hilang dalam 4-6 hari.

Yang menjadi faktor risiko adalah Anak yang belum mendapat imunisasi campak, oleh karena itu penting memberikan vaksin campak pada Anak saat usia 9 tahun.

Namun ada beberapa penyakit lain yang juga mempunyai gejala serupa, diantaranya;

  • Erupsi obat. Ruam merah akibat pemakaian obat-obat tertentu.
  • ruam merah karena infeksi virus yang lain: rubella, eksantem subitum/tampek
  • demam skarlatina,
  • infeksi M. pneumoniae.

Bagaimana dengan anak Anda, apakah gejala yang muncul sesuai dengan gejala campak yang telah disebutkan diatas? ada baiknya Anda memeriksakan anak pada Dokter Spesiali Anak sehingga tidak perlu menduga-duga diagnosis dan bisa memberikan terapi yang tepat sedini mungkin.

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar