Sukses

Sperma Encer, Bisakah Punya Anak?

11 Feb 2015, 00:40 WIB
Pria, 29 tahun.

Salam sejahtera dok.saya mau tanya mslh testis,testis saya tinggal 1 hasil srperma saya encer,trus apa yg hrs saya lakukan dok?saya udah 1th berumah tangga,sampai skrng istri saya blm hamil,hasil dari periksaan istri semua bagus,hanya saja sel telurnya besar 22mm gak pecah..?mhn infonya dok & sarannya apa yg hrs saya lakukan.trimakasih dok

Terima kasih Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi KlikDokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Kehadiran seorang anak memang sangat dinantikan oleh setiap pasangan. Perlu diketahui bahwa cairan mani atau semen normal pada umumnya bewarna putih keabu-abuan. Warna dan konsistensi cairan ini sangat bervariasi. Faktor usia, makanan dan frekuensi ejakulasi merupakan beberapa faktor yang sangat berperan. Pada awal ejakulasi cairan semen tampak kental dan lengket, kekentalan ini akan berangsur-angsur menurun dan mencair dalam waktu 20 hingga 30 menit.

Faktanya adalah kekentalan cairan mani tidak berhubungan dengan kualitas sperma yang terkandung di dalamnya. Kualitas dan kuantitas sperma hanya bisa ditelaah melalui pemeriksaan sperma analisis yang dilakukan oleh Dokter Spesialis Andrologi. Apakah Anda sudah pernah melakukan pemeriksaan analisis sperma?

Faktor lain yang berperan dalam penentuan kualitas sperma adalah asupan nutrisi, stres, obesitas, obat-obatan yang dikonsumsi, paparan rokok dan asap rokok serta konsumsi pestisida atau oksidan lain dalam makanan.

Kualitas sperma dapat ditingkatkan dengan meningkatkan asupan makanan yang mengandung:

  • Vitamin C: Melindungi sperma dari kerusakan karena oksidasi serta mengurangi aglutinasi sperma (sperma saling menempel)
  • Vitamin B6: Penting dalam pembentukan hormon seks pria
  • Vitamin B12: Bersama dengan asam folat, B12 diperlukan untuk pembentukan materi genetik. Kadar yang kurang menyebabkan produksi sperma yang abnormal, penurunan jumlah sperma, dan kemampan gerak sperma.
  •  Vitamin E: Juga merupakan antioksidan. Membantu sperma dalam penetrasi sel telur.
  •  Zinc: Kekurangan zinc menurunkan kadar testosteron. Suplementasi mikronutrien ini dapat meninkatkan jumlah sperma dan memperbaiki kesuburan.
  •  Arginin dan L-Carnintine: Asam-asam amino yang diperlukan dapal pemebentukan serta fungsi normal sperma.

Yang dapat anda lakukan untuk mengatasinya adalah berolah raga teratur, makan makanan yang banyak mengandung zink (sea food, terong), dan vitamin E (tauge) yang dapat membantu meningkatkan jumlah sperma. Hindari stres dan faktor risiko yang kami sebutkan di atas dapat membantu memperbaiki kualitas sperma. Di samping mengubah pola hidup menjadi lebih sehat, kami sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis andrologi agar dapat dikalukan pemeriksaan secara langsung. 

Berikut beberapa artikel yang dapat menambah pengetahuan Anda:

5 Tips Sperma Sehat 

Makin Gemuk, Sperma Makin Sedikit

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar