Sukses

Persalinan Normal Pasca Caesar

12 Nov 2014, 10:48 WIB
Pria, 28 tahun.

bisakah persalinan ke dua normal jika persalinan pertama ceasar?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami turut bahagia dengan kehamilan Ibu yang kedua. Setelah operasi seksio sesarea, memang terdapat risiko terjadinya robekan pada rahim di tempat operasi sebelumnya. Hal ini dapat terjadi karena pada saat operasi maka terjadi perlukaan pada dinding rahim, dan proses penyembuhannya meninggalkan bekas luka berupa jaringan parut pada dinding rahim. Jaringan parut ini tidak elastis seperti otot-otot dinding rahim, sehingga jika mengalami peregangan (kontraksi) memiliki risiko untuk terjadi robekan (ruptur uteri). Meskipun hal ini jarang terjadi, namun risikonya tetap ada.

Untuk itulah, memang sebaiknya Anda melakukan persalinan di rumah sakit dengan pemantauan dokter sehingga jika dibutuhkan tindakan darurat segera, dokter dapat segera menolong.

 

Untuk mempersiapkan persalinan, Anda perlu memeriksakan diri dan calon bayi Anda ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk kontrol dan penentuan keadaan. 

Saya doakan kehamilan dan proses persalinan Anda lancar. Untuk informasi lengkap Anda seputar kehamilan dan persalinan Anda dapat mengunjungi Rubrik Kebidanan dan Kandungan yang kami miliki. Dan untuk seputar tumbuh kembang anak pertama Anda dan persiapan kedatangan buah hati Anda yang kedua, Anda dapat mengunjungi Rubrik Tumbuh Kembang Anak yang kami miliki.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar