Sukses

Keputihan Dalam Kehamilan

30 Jan 2015, 01:20 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok...saya sedang hamil 7bln dan saya dr umr kandungan 4bln sudah mulai keputihan..keputihan saya tdk berbau hnya sja bgtu akn mnginjak 7bln keputihan saya mndj gatal dan setiap bgn tdr pg byk sekali keluarnya. Apakah berbahaya utk janin saya dok???dan apakah brpengaruh jg pd persalinan nanti???. Trims

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Keputihan dapat timbul dari berbagai keadaan, yaitu secara normal/fisiologis dan secara patologis. Keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi akibat perubahan hormonal, seperti saat menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Sedangkan keputihan patologis adalah keputihan yang timbul akibat kondisi medis tertentu dengan penyebab tersering adalah akibat infeksi parasit/jamur/bakteri.

Cairan vagina normal memiliki ciri-ciri antara lain warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan.

Ketika cairan yang keluar dari vagina sudah mengalami perubahan warna (menjadi putih susu, keabuan, hingga kehijauan), berbau, banyak dan disertai keluhan lain (seperti gatal, panas, dll) menunjukkan bahwa telah terjadi keputihan abnormal yang umumnya disebabkan karena infeksi pada saluran reproduksi oleh berbagai kuman, jamur ataupun parasit. Jika keputihan yang dialami merupakan keputihan abnormal yang disebabkan oleh infeksi maka memerlukan pengobatan dengan antijamur/antibiotik/antiparasit sesuai dengan kuman penyebabnya.

Keputihan yang berlangsung terus menerus tanpa pengobatan yang tepat selama kehamilan dapat menimbulkan berbagai komplikasi selama kehamilan, seperti ketuban pecah dini, bayi lahir prematur, infeksi cairan amnion, infeksi pada janin dan lain sebagainya. Pengobatan yang tidak tepat guna ataupun tidak tepat dosis alih-alih mengobati justru dapat menimbulkan kekebalan kuman penyebabnya.

Untuk mengetahui tatalaksana yang optimal untuk mengatasi keluhan Anda tanpa membahayakan kandungan Anda, kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan Anda. Kami tidak dapat merekomendasikan suatu pengobatan tertentu tanpa mengetahui pasti kondisi Anda melalui pemeriksaan secara langsung. Kami sarankan Anda tidak menggunakan obat-obatan tertentu tanpa petunjuk dokter untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Kami sertakan artikel-artikel berikut untuk menambah informasi Anda :

5 Penyebab Keputihan pada Wanita

9 Tips Menjaga Kesehatan Vagina

Tips Atasi Sakit Kepala Saat Hamil

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar