Sukses

Penyebab Mimisan Pada Anak

25 Dec 2014, 10:17 WIB
Pria, 34 tahun.

Terima kasih sebelumnya untuk website ini. Semoga menjadi yang terbaik. Saya ingin menanyakan mengenai anak saya yang sering mimisan. Kebetulan dia berumur 30 bulan dan biasanya 3 hari seminggu dan 2 x dalam sehari apalagi kalau sehabis bermain. Penyebabnya apa ya Dok? Apa yang harus saya lakukan untuk mengatasinya?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Mimisan dalam dunia kedokteran disebut epistaksis. Dibagi menjadi dua berdasarkan pembuluh darah yang pecah, yaitu epistaksis anterior dan epistaksis posterior.

Pada Anak, yang sering terjadi adalah epistakis Anterior dengan gejala mimisan berulang, namun perdarahan tidak banyak dan dapat berhenti sendiri atau dibantu dengan penekanan pada cuping hidung. Penyebabnya adalah pecahnya pembuluh darah yang disebut dengan pleksus kiesselbach. Mukosa atau kulit yang menutupi pembuluh darah ini sangat tipis, sehingga mudah sekali pecah, misalnya saat: membuang ingus terlalu kencang, kebiasaan mengorek hidung, perubahan cuaca ekstrim (terlalu panas atau terlalu dingin), atau kelelehan. Biasanya gejala ini akan berkurang hingga menghilang seiring dengan bertambahnya umumr.

Pada umumnya mimisan pada anak tidak berbahaya. Namun, dapat juga merupakan tanda dari penyakit lain yang lebih serius seperti polip hidung, sinusitis, gangguan sekat hidung, kelainan darah atau kegananasan.  Untuk itu, perlu dilakukan pemeriksaan fisik terlebih dahulu dan mungkin pemeriksaan penunjang yang diperlukan sehingga dapat diketahui penyebab dari keluhan Anda. Untuk memastikannya, sebaiknya Anda membawa anak Anda mengunjungi dokter spesialis THT untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Penanganan segera jika terjadi mimisan adalah dengan:

  • Memencet hidung selama 5-30 menit tanpa interupsi agar perdarahan terkontrol, biasanya 5-10 menit sudah cukup.
  • Menjaga agar kepala agar tidak menunduk. Posisi kepala dianjurkan agar sedikit mendongak (hanya sedikit saja) namun jangan berlebihan agar darah tidak masuk ke saluran napas.

Jika dalam 30 menit mimisan tidak juga berhenti maka sebaiknya Anda membawa anak Anda mengunjungi dokter.

Kami sertakan juga artikel: Tindakan Awal untuk Mengatasi Mimisan

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar